Rawat Mobil Nggak Cuma Ganti Oli, Sistem Kelistrikan Wajib Diperhatikan

ADVERTISEMENT

Rawat Mobil Nggak Cuma Ganti Oli, Sistem Kelistrikan Wajib Diperhatikan

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 19 Des 2021 17:05 WIB
Sejumlah bengkel mulai didatangi pemudik yang melakukan perawatan kendaraan. Hal itu dilakukan untuk antisipasi hal-hal yang tak diinginkan selama mudik lebaran.
Perawatan mobil tidak cuma ganti oli, tapi juga perlu perhatikan kelistrikan. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Merawat mobil tidak hanya soal mesin dan tampilan luarnya yang ciamik, namun juga soal kelistrikan yang ada di dalamnya. Sebab, tanpa adanya listrik mobil tidak bisa dihidupkan.

Kelistrikan pada sebuah mobil tidak hanya bagian luarnya, namun juga kelistrikan di bagian interior, di dalam mesin, serta bagian sistem keamanan mobil. Jika keempat kategori tersebut tidak mendapat perawatan yang baik, tentu sangat berpengaruh ketika berkendara di jalan.

Pereli nasional Rifat Sungkar mengungkapkan hal kecil yang bisa dilakukan dalam merawat sistem kelistrikan adalah pada bagian lampu, khususnya pada lampu depan dan lampu rem.

"Terkadang lampu utama akan berkurang intensitasnya seiring pemakaian, maka perlu dirawat dan diganti jika sudah mulai redup. Selain itu, banyak pemilik mobil yang nggak sadar jika lampu rem hidup atau tidak, padahal itu sangat krusial dan berpengaruh pada keselamatan pengendara," kata Rifat Sungkar dalam konferensi pers virtual belum lama ini.

Lebih lanjut, Rifat menjelaskan sistem kelistrikan dalam komponen mesin juga perlu diperhatikan. Soalnya, sistem kelistrikan ini cukup krusial mengingat akan berpengaruh pada performa kendaraan.

"Saya sarankan untuk pemilik mobil jangan melakukan modifikasi pada sistem kelistrikan engine harness ini, soalnya akan sangat mempengaruhi performa kendaraan," jelasnya.

Sedikit informasi, engine harness sendiri saling terhubung dengan sistem penggerak mobil yakni engine dan gearbox. Kelistrikan ini juga berhubungan langsung dengan engine control unit (ECU).

Selain itu, sistem kelistrikan yang juga perlu diperhatikan adalah pada bagian interior mobil. Hal ini berhubungan langsung dengan sistem kelistrikan seperti lampu, power steering, hingga audio sound system.

Sistem kelistrikan dalam fitur keamanan mobil juga perlu dicek. Komponen ini juga saling terhubung dengan kelistrikan yang berada di dalam mesin, karena berperan penting dalam memberikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

"Sistem elektrik keamanan berkendara juga ada dua yakni aktif dan pasif. Sistem kelistrikan ini juga meliputi Hill Start Assist, Electronic Stability Control, dan Cruise Control. Semua akan berhubungan dengan tingkat keamanan dan kenyamanan berkendara," ujar Rifat.

Rifat menambahkan, penting untuk mengecek perangkat kelistrikan dalam mobil. Ia menjelaskan komponen tersebut cukup sensitif sehingga harus dirawat sebaik mungkin, apalagi di tengah musim hujan seperti sekarang, sistem kelistrikan perlu diperhatikan secara teliti.

"Sekarang ini lagi masuk musim hujan, sementara itu sistem kelistrikan ini adalah yang paling ringkih. Jadi tolong untuk hal ini perlu aware, karena gangguan elektrikal adalah gangguan dalam, mungkin di luar terlihat baik-baik saja tapi di dalamnya ternyata ada kerusakan," pungkasnya.



Simak Video "Cara Menjaga Cat Mobil Agar Awet Kinclongnya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT