Gimana Cara Berkendara Irit BBM di Toyota Avanza?

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 10 Okt 2021 09:12 WIB
Test Drive Avanza Yogyakarta-Semarang
Ilustrasi Toyota Avanza yang sedang dikendarai Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta -

Pembicaraan mengenai Toyota Avanza di media sosial tidak pernah ada habisnya, bahkan kerap kali viral. Di antaranya disebabkan 'mobil sejuta umat' ini begitu tangguh dan andal di jalan sehingga menjadi pilihan keluarga di Indonesia. Selain itu, banyak juga yang mengatakan kalau mobil ini irit konsumsi bensin (BBM).

Supaya mobil ini semakin irit, ada beberapa tips ringan yang bisa dilakukan oleh kalian. Berikut saran dari Auto2000:

1. Periksa Tekanan Udara Ban

Ritual memeriksa tekanan udara ban sebelum berkendara sering terlupakan padahal sangat mempengaruhi konsumsi BBM. Sebagai contoh, jika tekanan udara ban kurang dari yang telah ditentukan, otomatis ban semakin berat menopang beban mobil. Apalagi jika penumpang di dalam mobil juga banyak, otomatis bobotnya bertambah dan mobil butuh asupan bahan bakar lebih untuk berjalan.

2. Manajemen Perjalanan

Jika punya waktu lebih, sebaiknya pergi lebih awal sehingga tidak tergesa-gesa di jalan. Termasuk menghindari macet yang umum terjadi di jalan yang biasa dilalui. Gunakan peta digital untuk menentukan rute perjalanan terbaik sehingga konsumsi bahan bakar dapat ditekan.

3. Jaga Emosi di Mobil

Menjaga emosi di jalan sifatnya wajib karena begitu emosi, kalian tidak akan bisa mengatur irama mengemudi dan menjadi agresif. Tidak hanya membuat penggunaan bensin meningkat, situasi ini bisa berujung pada keributan atau kecelakaan lalu lintas. Jangan terpancing emosi untuk berebut lajur jalan atau menyalip kendaraan lain sehingga membuat konsumsi bensin bertambah.

[Halaman selanjutnya: Tips Berkendara Irit BBM di Toyota Avanza ke 4-7]



Simak Video "Matikan AC Mobil Bikin Tenaga Mesin Lebih Jos, Mitos atau Fakta?"
[Gambas:Video 20detik]