Penting! Lakukan Hal ini Agar Turbo di Mesin Diesel Awet

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 07 Okt 2021 10:02 WIB
Turbo di mesin diesel
Ilustrasi turbo di mesin diesel Foto: dok. Hyundai Mobil Indonesia
Jakarta -

Mobil diesel menjadi primadona bagi sebagian orang. Selain karena tenaganya yang besar dan mesinnya lebih tangguh, mesin diesel juga cenderung lebih efisien konsumsi bahan bakarnya.

Namun, diesel kekinian yang sudah menggunakan teknologi turbocharger cenderung lebih sensitif. Perangkat turbonya kerap menjadi momok menakutkan, karena biaya komponennya yang tidak murah jika rusak.

Dilansir dari laman resmi Hyundai Mobil, ada empat hal yang dapat dilakukan oleh pemilik mobil diesel turbo, yang dapat memperpanjang usia turbo pada mesin dieselnya.

1. Dinginkan Turbo

Menurut Hyundai mesin turbo yang dimatikan secara mendadak setelah bekerja, dapat membuat perubahan suhu ya2. ng terlalu cepat sehingga bisa memperlemah turbo. Hyundai menyarankan, sebelum mesin diesel dimatikan sebaiknya masuk fase cooldown untuk mendinginkan turbo secara perlahan.

"Caranya, biarkan mesin beroperasi pada RPM rendah, misal idle selama 1 sampai 2 menit untuk menurunkan suhunya," tulis Hyundai di laman resmi Hyundai Mobil.

2. Ganti Oli Secara Berkala

Fungsi oli sangat vital bagi mesin, tak terkecuali bagi mesin diesel yang menggunakan turbo. Oli mesin turbo harus punya sifat yang tahan terhadap suhu panas yang lebih tinggi, dikarenakan mobil dengan turbo cenderung lebih panas.

Menurut Hyundai, oli mesin akan digunakan oleh turbo untuk lubrikasi turbin serta kompresor. Mereka menambahkan, jika oli sudah kotor, maka kinerja turbo akan terpengaruhi dan disarankan untuk segera ganti oli agar turbo awet.

3. Bahan Bakar

Salah satu yang juga 'sensitif' bagi para pemiliki mobil diesel commonrail, diesel berturbo, atau diesel yang canggih, adalah dari bahan bakar berkualitas. Diesel berkualitas, cenderung memiliki kandungan sulfur yang rendah dan aman untuk beberapa komponen di mesin diesel, khususnya injektor dan turbo.

"Diperlukan bahan bakar yang tepat pada mobil turbo, hal ini karena diperlukan pembakaran yang lebih sempurna pada kompresi tinggi. Pada mesin turbo Hyundai yang menggunakan bahan bakar diesel, usahakan menggunakan bahan bakar diesel terbaik yang tersedia. Lalu, rajin juga ganti filter bahan bakar agar lebih bersih," tulis Hyundai.

4. Filter Udara

Hal yang juga tidak kalah vital untuk memperpanjang usia turbo adalah dari filter udara. Hyundai mengatakan, filter ini berfungsi untuk melindungi turbo dari partikel-partikel kotoran yang dapat merusak komponennya. Maka sebaiknya, lakukan penggantian filter udara secara berkala.

"Filter udara yang kotor akan mempersulit kinerja turbo. Bila filter sudah kotor atau bahkan tidak ada, bisa dipastikan kotoran akan lolos masuk ke dalam turbo. Pada kondisi ekstrem, misal ada kerikil masuk ke saluran udara, maka baling-baling turbo bisa mengalami kerusakan dan memerlukan penggantian," tulis Hyundai.

(mhg/lua)