Tips Beli Velg Mobil Bekas Berkualitas, Jangan Sampai Ketipu

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 28 Agu 2021 11:07 WIB
Wheel sports car close-up outdoor 3d
Ilustrasi velg mobil (Thinkstock/Grassetto)
Jakarta -

Saat ingin mempercantik eksterior mobil, pemilik biasanya juga melakukan modifikasi pada bagian velg. Karena velg baru terbilang mahal, akhirnya banyak yang mengandalkan velg bekas sebagai pilihan. Bagaimana cara memilih velg bekas berkualitas

Punya harga lebih murah menjadi salah satu pemilik kendaraan memilih velg bekas untuk mendandani mobilnya. Tapi perlu diingat, jangan sampai asal pilih saat membeli velg bekas ya.

Kamu perlu teliti dan mengecek seluruh velg jika ingin membelinya dalam kondisi bekas. Pastikan pemilik sebelumnya menjual velg dalam kondisi masih bagus, sehingga kamu bisa menggunakannya dengan aman.

Jangan khawatir, ada sejumlah tips dalam memilih dan membeli velg bekas. Dikutip dari laman Suzuki, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membeli velg bekas pakai.

1. Cek Riwayat Pemakaian Velg

Membeli velg dari pengguna yang kamu kenal akan lebih aman karena kamu bisa mengetahuinya secara langsung. Kamu bisa melihat bagaimana pemilik sebelumnya dalam mengendarai mobil dengan velg tersebut.

Jika pemilik sebelumnya sangat perhatian dan merawat velg secara baik, umumnya kondisi velg juga masih bagus. Namun jika sebaliknya, maka kamu perlu hati-hati dan teliti saat mengeceknya.

2. Perhatikan Kondisi Fisik Velg

Sudah menemukan velg bekas yang jadi incaran, jangan lupa cek dengan teliti velg bagian luar, khususnya pada bagian yang mungkin akan terjadi kerusakan.

Jika ditemukan ada kerusakan, cek kembali apakah jenis kerusakannya masih dalam batas wajar atau bisa diperbaiki kembali. Apabila rusaknya sudah terlalu parah, maka lebih baik membatalkan niat kamu untuk membelinya.

Velg mobil HRS WheelsIlustrasi Velg mobil HRS Wheels (HRS Wheel)

3. Hindari Membeli Velg yang Retak

Saat membeli velg bekas, usahakan pilih yang tidak ada keretakan. Biasanya keretakan terjadi pada velg di sisi dalam center bore, penampang luar atau disebut barrel, dan juga lubang-lubang baut.

Jika menemukan ada keretakan halus, sebenarnya masih bisa dilakukan reparasi dengan dilas. Cara ini biasanya digunakan oleh para pedagang yang ingin tetap menjual velg bekas walau dalam kondisi retak. Tapi, perlu diingat metode ini hanya sementara dan velg bisa kembali retak saat terkena benturan.

4. Lihat dengan Teliti Bibir Velg

Selain itu, perhatikan dengan teliti bibir setiap velg. Apabila pemilik sebelumnya sering melintasi jalan yang rusak dan berlubang, bukan tidak mungkin velg bisa penyok dan rusak.

Untuk itu, jangan sampai kamu membeli velg dalam keadaan sudah rusak atau penyok. Meskipun masih bisa diperbaiki, namun menelan biaya cukup besar berkisar Rp 200 ribu per velg.

Velg HSRIlustrasi Velg mobil (dok. HSR)

5. Cek Logo Velg

Adanya logo embos pada velg merupakan salah satu ciri khas untuk mengetahui jika velg masih dalam kualitas baik meski bekas. Dengan begitu, kamu perlu waspada jika ditemukan logo embos sudah mengalami kerusakan.

Kemungkinan besar, logo embos yang rusak menjadi pertanda jika velg tersebut sudah pernah diperbaiki oleh pemilik sebelumnya atau para pedagang velg bekas.



Simak Video "Suka Campur-campur Bensin, Ini Bahayanya Buat Kendaraan"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)