Mengenal Fungsi Spooring dan Balancing di Ban Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 12 Agu 2021 19:48 WIB
Ilustrasi Ban Mobil
Mengenal fungsi spooring dan balancing pada ban mobil. Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Ban merupakan komponen penting pada mobil karena menjadi satu-satunya part yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan. Oleh sebab itu, perawatan ban mobil perlu dilakukan secara rutin, di antaranya adalah spooring dan balancing. Jenis perawatan apakah itu?

Kaki kaki merupakan bagian penting karena berfungsi menstabilkan pengendalian kendaraan selama dijalankan. Kaki-kaki mobil terdiri dari beberapa komponen yang saling terhubung satu sama lain. Dari beberapa komponen tersebut, ban atau roda adalah yang paling terlihat.

Dijelaskan Suzuki dalam keterangan resminya, perawatan ban mobil umumnya meliputi balancing dan spooring, pemeriksaan tekanan angin, hingga pemeriksaan permukaan dan usia ban.

Pertama, yang perlu diperhatikan adalah tekanan angin ban. Jika ban kekurangan tekanan, maka dapat memicu permukaan ban menjadi rusak dan permukaan ban yang bergesekan dengan jalan akan bertambah lebar sehingga menambah beban mesin dan konsumsi bahan bakar.

Sebaliknya, apabila kelebihan tekanan pada ban maka ban menjadi keras, sehingga mengurangi fungsi peredaman, dan akan mempengaruhi fungsi pengereman karena licin. Mengecek tekanan angin ban merupakan salah satu upaya untuk memperpanjang umur ban, menghemat bahan bakar, dan mengurangi risiko kecelakaan.

Selanjutnya pastikan pengemudi mobil mengecek permukaan ban. Ganti ban jika permukaannya sudah botak. Mengecek usia ban juga penting dan disarankan tidak menggunakan ban yang sudah kadaluarsa atau ban yang berusia lebih dari 6 tahun.

Terakhir, pemeriksaan lain yang juga sangat penting adalah spooring dan balancing. Seperti diketahui, spooring dilakukan untuk meluruskan kembali dudukan empat roda mobil seperti saat mobil baru keluar dari pabrik. Sementara balancing dilakukan untuk menyesuaikan atau menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri kanan roda.

Baik spooring maupun balancing, keduanya sangat vital fungsinya dalam menjaga kenyamanan dan kestabilan kendaraan, terutama untuk kendaraan komersial, yang sehari-hari membawa beban berat.

(lua/lth)