Diskon PPnBM 0 Persen Segera Berakhir, Ini Tips Beli Mobil Secara Kredit

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 21 Mei 2021 18:25 WIB
Ilustrasi kredit mobil
Ilustrasi kredit mobil. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tertarik membeli mobil secara kredit? Barangkali momen setelah lebaran menjadi waktu yang tepat. Terlebih kebijakan diskon PPnBM 0 persen akan segera berakhir di bulan Mei 2021. Tapi sebelum memutuskan membeli kendaraan dengan cara mengangsur, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar neraca keuangan tetap seimbang dan tidak membebani perekonomian keluarga.

Seperti dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya, ada 5 tahapan dan persyaratan saat ingin kredit mobil, yang wajib dijalani sampai mobil baru masuk ke garasi rumah Anda. Apa saja itu?

1. Pastikan Lolos BI Check

Sebagai pengawas transaksi keuangan nasional, Bank Indonesia (BI) memiliki sistem pendataan otomatis ketika seseorang menggunakan fasilitas kredit bank atau leasing. Anda harus memastikan bahwa tidak ada cicilan kredit personal yang bermasalah, terutama kartu kredit, sebab akan masuk dalam blacklist BI dan tidak bisa mengajukan kredit apapun.

2. Ketahui Kebutuhan Kendaraan

Ketahui dengan jelas apa tujuan membeli dan jenis mobil yang dibutuhkan. Keluarga dengan dua orang anak sangat tepat jika memilih mobil keluarga ketimbang sedan, kecuali mobil pertama sudah MPV dan butuh mobil kedua untuk kebutuhan lainnya.

3. Perhitungkan Kondisi Keuangan

Angsuran semua kredit pribadi hanya boleh sekitar 30% dari total penghasilan per bulan yang tertera di slip gaji. Pastikan memiliki dana yang mencukupi untuk membayar uang muka (down payment/DP) kredit mobil, yakni sekitar 20-30% dari total harga mobil karena besarnya DP akan menentukan jumlah cicilan per bulan. Supaya DP lebih ringan, metode trade-in atau tukar tambah bisa menjadi opsi yang menarik.

4. Lakukan Simulasi Kredit

Simulasi kredit diperlukan supaya Anda memiliki gambaran sederhana untuk melihat kemampuan keuangan dalam membayar uang muka dan cicilan kredit mobil kelak. Anda bisa melakukan simulasi perhitungan kredit mobil seperti di situs Auto2000, ACC, maupun lembaga leasing lainnya seperti Mandiri Tunas Finance atau Mega Finance. Di situs-situs itu, Anda bisa mendapatkan info seputar simulasi kredit di setiap pilihan model mobil, yang dapat dipakai untuk memperkirakan besaran DP, dan angsuran yang akan dibayarkan.

5. Manfaatkan Promo Sales

Anda juga bisa memanfaatkan berbagai promo yang ditawarkan oleh pihak dealer. Terlebih saat ini masih berlangsung program diskon PPnBM yang sedang diterapkan pemerintah. Biasanya, pihak dealer juga akan memberi diskon khusus lagi, serta bonus hadiah langsung.



Simak Video "Diskon PPnBM, Toyota Raize Bisa Dicicil Rp 3 Jutaan Per Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)