Cara Membaca Kode Ban Mobil

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 05 Mar 2021 11:19 WIB
membaca kode di ban
Kode pada dinding ban mobil. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Di setiap dinding ban mobil pasti ada angka dan huruf tertentu. Jangan diabaikan, Anda harus bisa memahami arti dari kode ban yang tercetak pada dinding tersebut.

Contoh, pada dinding ban terdapat tulisan 185/70R14 88S. Apa artinya?

"Angka 185 itu lebar tapak ban, satuan milimeter berarti tapak ban lebarnya 185 mm," jelas Training Development, Section Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Aji Prima Barus.

Sementara angka 70 adalah aspek rasio, yakni rasio tinggi dinding ban dibanding tapak ban. Angka 70 di sini berarti dinding ban memiliki tebal 70% dari 185 mm.

"Itu ukuran tebal ban dari tapak sampai velg. Biasanya saat menggunakan ban lebar 205, aspek rasionya lebih kecil misalnya 55. Itu sudah standar, lebih lebar tapaknya biasanya tebal (dinding) ban lebih tipis, fungsinya untuk kestabilan," kata Aji.

Lanjut ke huruf R, itu artinya ban tersebut adalah radial. Kalau tidak ada huruf R atau cuma berupa strip, berarti ban tersebut adalah ban jenis bias.

Kemudian angka 14 adalah ukuran rim atau velg dalam satuan inchi.

"Angka 88 itu load index atau kapasitas beban yang bisa digunakan untuk ban tersebut. Produsen ban memiliki kode, 88 itu untuk 560 kg untuk 1 ban, berarti dikalikan 4, hampir 1,2 ton. ini untuk bisa menampung beban kendaraan tersebut termasuk penumpang," ujar Aji. Untuk lebih jelas, berikut tabel load index ban mobil:

Kode Ban, Load Index: Kemampuan Sebuah Ban Menahan Beban dan kecepatan maksimalKode Ban, Load Index: Kemampuan Sebuah Ban Menahan Beban. Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto


Kemudian kode ban dengan huruf S di belakang angka 88 adalah indeks kemampuan ban tersebut dipacu dalam kecepatan maksimal. Huruf S berarti ban mobil bisa dipacu hingga 180 km/jam.

"Jangan sampai menggunakan ban dengan kode S ini lebih dari 180 km/jam. Apabila lebih dapat terjadi insiden, bahkan bisa menjadi accident karena ban tersebut akan pecah karena tidak bisa menahan kecepatan tinggi," jelas Aji. Agar lebih jelas, di bawah ini tabel kode indeks kecepatan ban mobil:

Kode Ban, Load Index: Kemampuan Sebuah Ban Menahan Beban dan kecepatan maksimalKode Ban, Speed Index: Kemampuan Sebuah Ban Dipacu kecepatan maksimal Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Selanjutnya pada dinding ban juga tercetak kode produksi ban. Misalnya ditulis X2612. X itu adalah kode produksi produsen ban sendiri.

"Yang kita perlu tahu adalah empat digit terakhir. Dua digit menunjukkan minggu ke-26, dua digit terakhir tahun. Berarti (produksi ban dilakukan pada) minggu ke-36 tahun 2012. Berarti ban ini dibuat pada bulan September tahun 2012," terang Aji.



Simak Video "Jangan Asal! Ini Cara Memoles Mobil yang Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)