Rabu, 18 Sep 2019 12:14 WIB

Begini Cara Mengetahui Masa Kedaluwarsa Ban Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Bekasi - Ban merupakan komponen penting pada mobil, karena jadi satu-satunya part yang langsung menyentuh permukaan jalan. Maka itu, kondisinya harus selalu dipastikan agar tetap prima.

Selain karena pemakaian, performa ban mobil juga bisa berkurang seiring usia. Ya, ban mobil ternyata punya usia kedaluwarsa juga lho, detikers.

"Usia ban kalau berdasarkan APBI (Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia), ada yang 3 tahun dan ada yang 5 tahun," ungkap Leader Quality Assurance Hankook Tire Indonesia Robby Unggul, di Cikarang, belum lama ini.



Lalu bagaimana cara kita mengetahui usia ban mobil tersebut?

"Caranya bisa dengan melihat kode produksi yang ada di dinding ban. Di situ ada angka untuk menjelaskan kapan ban itu diproduksi, minggu ke berapa dan tahun berapa," lanjut Robby.

Misalnya jika ada kode produksi ban bertuliskan '0914', artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke sembilan tahun 2014. Sehingga kalau sekarang bulan September 2019, ban tersebut sudah kedaluwarsa.



"Sekalipun ban itu nggak dipakai, usianya akan terus jalan," terang Robby.

Menurut Robby, ban yang sudah kedaluwarsa akan punya kekurangan, seperti material karetnya mulai getas dan kelenturannya yang mulai berkurang.

"Tanda lainnya, biasanya akan ada retakan-retakan kecil di alur ban," pungkasnya.

Simak Video "Pecah Ban, Mobil Rombongan Petakziyah di Pasuruan Keluar Jalur"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com