Cara Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil, Mudah Pakai Metode Ini

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 22 Feb 2021 15:37 WIB
Membersihkan kaca mobil
Cara membersihkan jamur pada kaca mobil (Toyota Sidoarjo)
Jakarta -

Banjir jadi masalah besar yang bisa mengganggu pengendara mobil. Selain itu, di musim seperti ini, jamur pada kaca mobil juga bisa sangat menyebalkan. Bagaimana cara membersihkannya?

Hujan yang mengguyur sejumlah daerah dalam beberapa hari terakhir membuat beberapa ruas jalan dan pemukiman warga dilanda banjir. Tentunya masyarakat harus lebih hati-hati saat melintasi jalan yang tergenang air.

Bagi Anda pemilik kendaraan mobil, perlu waspada akan hujan deras dan genangan banjir. Selain itu, jangan malas untuk membersihkan kendaraan setelah terkena hujan. Karena kaca mobil dapat berjamur jika tidak segera dikeringkan setelah hujan.

Jika sudah terlihat beberapa titik jamur di kaca mobil, jangan risau. Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jamur kaca mobil. Dikutip dari laman Wuling Indonesia, ini sejumlah cara untuk menghilangkan jamur di kaca mobil.

1. Bersihkan Setelah Hujan

Hal paling mudah yang perlu dilakukan adalah membersihkan kaca mobil setelah diguyur hujan. Karena titik air hujan yang menempel pada kaca mobil dapat menimbulkan efek jamur. Anda bisa membersihkan dengan kanebo, lalu dibersihkan lagi dengan kain microfiber kering agar bersih dengan maksimal.

2. Gunakan Pembersih Khusus

Namun jika jamur sudah sulit dihilangkan, Anda perlu membersihkannya dengan cairan khusus. Tapi perlu diingat, Anda harus memperhatikan cairan khusus yang akan digunakan. Jangan sampai niat hati ingin membersihkan mobil, namun yang terjadi kaca mobil menjadi lecet karena cairan yang tidak cocok.

3. Pasta Gigi

Ada cara mudah selain cairan khusus, Anda bisa menggunakan pasta gigi yang ada di rumah untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Karena pasta gigi memiliki sejumlah kandungan zat yang mampu membersihkan jamur yang menempel.

Penggunaannya cukup mudah, oleskan pasta gigi pada bagian kaca mobil yang berjamur, lalu diamkan sampai mengering. Setelah itu bilas pasta gigi dengan sikat atau kain yang lembut dengan air bersih dan segera keringkan dengan kain yang bersih.

4. Pemutih Pakaian

Selain membersihkan noda pada pakaian, pemutih pakaian juga dapat berguna untuk membersihkan noda jamur yang menempel di kaca mobil. Caranya mudah, pertama basahkan terlebih dahulu kain menggunakan cairan pemutih secukupnya.

Setelah itu gosokan kain tersebut dengan perlahan pada titik jamur sampai bersih. Perlu diingat, gunakan kain yang lembut dan bersih agar saat digosok ke kaca mobil tidak menimbulkan goresan halus.

5. Alkohol

Ternyata alkohol juga bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan noda jamur pada kaca mobil. Caranya adalah persiapkan terlebih dahulu kapas bersih, lalu dicelupkan ke dalam alkohol dengan kadar di atas 60 persen. Kemudian gosok secara perlahan ke bagian kaca yang terkena jamur.

6. Cuka Apel

Cara selanjutnya untuk membersihkan jamur kaca mobil adalah dengan menggunakan cuka apel. Caranya, campurkan tiga sendok cuka apel dengan satu liter air. Setelah itu celupkan kain yang lembut ke dalam campuran tersebut. Selanjutnya mulai gosokan kain yang sudah dicelupkan ke bagian kaca mobil yang terkena jamur.

Ketika selesai dibersihkan hingga jamur benar-benar hilang, kemudian keringkan segera dengan kertas koran. Anda bisa melihat tidak adanya lagi jamur yang menempel pada kaca mobil.



Simak Video "Matikan AC Mobil Bikin Tenaga Mesin Lebih Jos, Mitos atau Fakta?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)