Sayangi Bumi, Ini Tips Berkendara Ramah Lingkungan

Luthfi Anshori - detikOto
Sabtu, 20 Feb 2021 13:37 WIB
Test Drive Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/10/2019).
Sayangi bumi, ini tips berkendara ramah lingkungan. Foto: Daihatsu
Jakarta -

Transportasi darat menyumbang sekitar 75% polusi udara di DKI Jakarta. Oleh karena itu, berbagai perilaku peduli lingkungan wajib disuarakan secara luas. Khususnya bagi pengguna kendaraan bermotor, sekarang harus lebih sadar lingkungan, agar mobil yang digunakan sehari-hari tidak semakin mencemari lingkungan.

Seperti disampaikan, Soni Satriya selaku Executive Coordinator Engineering Division R&D (Research & Development) PT Astra Daihatsu Motor (ADM), ada beberapa tips berkendara ramah lingkungan, yang bisa dilakukan detikers para pengguna mobil. Apa saja?

1. Perawatan berkala tepat waktu, seperti mengganti oli tepat waktu, penggantian filter udara tepat waktu, membersihkan kerak ruang bakar, dan selalu perika tekanan ban.

2. Menggunakan bahan bakar berkualitas, yaitu bahan bakar tanpa timbal, dan memilih RON bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan. Menggunakan bahan bakar yang sesuai rekomendasi, akan menghasilkan proses pembakaran maksimal, sehingga emisi bisa ditekan.

3. Menerapkan teknik mengemudi Eco-driving, seperti menggunakan fitur Eco-driving, mengoptimalkan penggunaan AC, menghindari akselerasi mendadak, dan mengurangi kondisi idle (mesin dalam keadaan langsam).

4. Memilih rute jalan yang efisien, memiliki alternatif rute jalan lain, dan tercepat, serta menghindari kemacetan.

"Kami berharap para pelanggan dapat menerapkan tips berkendara yang ramah lingkungan ala Daihatsu agar pelanggan dapat berkendara secara aman, nyaman, dan juga membawa dampak positif untuk lingkungan kita agar lebih sehat," ujar Soni.

Selain 4 tips berkendara ramah lingkungan yang telah disebutkan, Anda bisa melengkapi saran tersebut dengan cara melakukan uji emisi mobil Anda. Uji emisi penting untuk dilakukan supaya gas buang yang dikeluarkan mobil Anda selalu dalam batas aman.



Simak Video "Ini Nih Sepatu Eco Material yang Ramah Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)