Tips Pakai Mobil Manual, Kaki Boleh Nyender di Pedal Kopling?

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 03 Jan 2021 06:36 WIB
pedal mobil
Pedal mobil manual (Renault)
Jakarta -

Mobil bertransmisi manual, alias tiga pedal, dalam mengoperasikannya perlu perhatian. Jika cara berkendara kurang tepat, usia pelat kopling mobil bisa lebih pendek. Lalu apa saja yang perlu dihindari?

Kepala Bengkel Auto2000 Bogor Siliwangi, Bambang Haryanto menjelaskan ada beberapa cara yang bisa diterapkan pemilik mobil manual supaya menjaga keawetan kopling, yang umumnya berumur antara 50 ribu hingga 80 ribu kilometer.

Pertama, hindari kaki yang terus menerus bersandar pada pedal kopling.



"Untuk pengguna transmisi manual, seringkali kaki disandarkan di pedal kopling, ini harus dihindari," ujar Bambang beberapa waktu yang lalu.

Kedua, tips agar kopling mobil lebih awet ialah menghindari penggunaan setengah kopling. Cara ini memang membuat mesin tak mati, tapi lama-lama dapat membuat plat kopling cepat aus dan menjadi tipis. Maka sebaiknya atur ritme gas dan kopling atau gunakan rem tangan.

"Hindari menginjak kopling setengah, walaupun dalam kondisi tertentu digunakan," jelas Bambang.

Tips supaya kopling mobil lebih awet ialah gaya berkendara. Kebiasaan menghentak atau melepas kopling secara mendadak juga tidak dianjurkan.

"Ketiga, hindari melepas kopling secara kasar," ungkapnya.

Lalu, sesuaikan penggunaan gigi pada kecepatan. Misalnya menggunakan gigi pada kecepatan tinggi bakal menambah beban kerja kopling dan memungkinkan terjadi selip pada kampas kopling.

"Hindari penggunaan gigi yang tidak sesuai, misalnya pada saat menanjak, jangan menggunakan gigi yang tinggi. Atau harusnya dibutuhkan kecepatan tertentu, harus menggunakan gigi 3, 4, jangan pakai gigi rendah," ucap Bambang.

Terakhir, pindahkan gigi ke posisi netral. Di sisi lain kaki bisa beristirahat tanpa harus menginjak kopling mobil.

"Kalau Anda di lampu merah, jangan segan-segan, jangan malas untuk netralkan transmisinya. Karena kebiasaan tetap tekan pedal kopling dalam keadaaan masuk gigi, itu akan membuat usia kopling kendaraan lebih pendek," jelas Bambang.



Simak Video "Lebih Dekat dengan All New Honda CB150R 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)