Biar Kaca Nggak Buram, Bagaimana Cara Merawat Kaca Film Mobil?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 22 Des 2020 13:17 WIB
Dealer V-Kool Cibubur, Depok
Kaca film mobil. Foto: V-Kool
Jakarta -

Kaca film saat ini menjadi kebutuhan untuk kendaraan bermotor. Kaca film biasanya memiliki fungsi untuk menangkal panas dari luar. Namun, kaca film juga harus menjaga visibilitas pengendara demi keselamatan.

Kerap kali kaca mobil mengalami buram akibat banyak hal, jamur salah satunya. Adakah cara merawat kaca film mobil agar visibilitas tetap terjaga?

Linda Widjaja, Vice President Director PT V-KOOL Indo Lestari, mengatakan sebenarnya perawatan kaca film sama saja. Misalnya, dari dalam, kaca mobil hanya perlu dirawat seperti biasa.

"Karena kaca film V-Kool kan ditempel dari dalam. Jadi dari dalam kita hanya lap, mungkin kalau ada kotor biasa interior kita bisa vacuum cleaner, kemudian lap dengan lap basah, kanebo yang agak lembab, seperti itu saja," kata Linda dalam kesempatan online media gathering bersama V-Kool, Selasa (22/12/2020).

Kaca film biasanya terdiri dari berbagai lapisan. Lapisan metal di kaca film, kata Linda, berada di tengah.

"Jadi kalaupun sampai semprot (kaca film) itu tidak langsung mengenai metal tersebut. Namun tetap PET itu rentan terhadap bahan kimia yang keras," ujar Linda.

Sementara untuk kaca bagian luar, Linda menyarankan jika ingin memakai bahan kimia sebaiknya lebih selektif. Sebab, dikhawatirkan bahan kimia yang keras akan membuat kaca mobil buram sehingga menghalangi pandangan.

"Karena mungkin kalau di kaca bagian luar terjadi abrasi maka tetap akan mempengaruhi pandangan kita dari dalam. Jadi sebenarnya bukan kaca film yang menyebabkan distorsi pandangan, tapi mungkin itu udah bagian dari eksterior kaca tersebut," sebut Linda.

Penjualan Kaca Film Turun karena Pandemi, Ini Siasat V-KOOL

Sementara itu, penjualan kaca film pada saat pandemi COVID-19 mengalami penurunan. Itu sebanding dengan penjualan kendaraan yang juga mengalami penurunan.

Linda mengatakan, penjualan kaca film V-Kool mengalami penurunan 12%. Dia mengklaim penurunan penjualan kaca film itu tidak terlalu tajam.

"Kami siasati dengan penjualan online maupun jasa home service. Alangkah bersyukurnya bahwa V-Kool telah membangun online store kami di e-commerce sejak 3 tahun lalu. Jadi pada saat pandemi seperti begini, konsumen offline yang datang ke gerasi intensitasnya sangat berkurang. Dan konsumen banyak berbalanja dengan online. Sehingga pada kesempatan itulah V-Kool bisa memenuhi permintaan dari konsumen," kata Linda.

Tahun ini, V-Kool sendiri merayakan usia 25 tahun, tepatnya pada 29 April 2020. V-Kool mengawali bisnisnya di Indonesia pada 1995 dengan kaca film bening, sementara kaca film murah yang sudah beredar terlebih dahulu di Indonesia rata-rata gelap.



Simak Video "Begini Rasanya CBR150R dengan Aura Big Bike"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)