3 Hal yang Harus Diperhatikan Pengendara Mobil saat Perjalanan Jauh

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 29 Nov 2020 14:55 WIB
Tim detikcom melanjutkan perjalanan dari Malang menuju kota Yogyakarta, Jumat (24/5/2019). Pada hari ketiga tim Ekspedisi Xpander 2.000 KM Jawa mulai menggunakan jalur biasa tanpa melewati jalur Tol. Grandyos Zafna/detikcom
Persiapan sebelum berkendara jauh. Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah
Jakarta -

Pandemi COVID-19 memang masih berlangsung. Namun bagi Anda yang ingin berpergian ke luar kota sudah diperbolehkan, dengan catatan mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, face shield, dan senantiasa membawa hand sanitizer.

Jika ingin pergi ke luar kota menggunakan mobil pribadi, Anda juga perlu menyiapkan beberapa hal. Seperti diungkapkan Don Seco, selaku Off road and Adventure Enthusias, ada 3 hal yang harus Anda siapkan dan lakukan saat berkendara jauh menggunakan mobil. Apa saja?

1. Awas Akan Kondisi Jalan dan Kondisi Pengendara

Pengguna jalan dianjurkan untuk mengecek rute perjalanan terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan. Pengetahuan akan kondisi dan medan 'tempur' di perjalanan sangat diperlukan untuk mengantisipasi, dan mematangkan persiapan saat berkendara.

"Kalau medan perjalanan tergolong sangat berat, saya pilih ban tipe Mud Terrain. Jika kondisi medan sedang atau tidak terlalu berat, yang digunakan ban jenis All Terrain. Tetapi untuk kebutuhan sehari-hari di dalam kota saya gunakan tipe ban Highway Terrain," kata Don Seco, dalam keterangan resminya.

Ia juga mengingatkan agar pengendara mobil ekstra hati-hati dan memperhatikan keselamatan pengguna jalan yang lain seperti pesepeda atau pejalan kaki. "Mental dan kondisi kesehatan pengendara juga harus siap, sehat, dan stabil supaya fokus saat berkendara," lanjutnya.

2. Menjaga Jarak saat Berkendara

Menjaga jarak juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan setiap pengendara, apalagi saat ingin mendahului kendaraan lain, diharapkan dapat mendahului dengan aman dan tertib. Bahkan saat melakukan konvoi menuju lokasi tertentu, dianjurkan untuk memperlambat laju kendaraan.

3. Perlengkapan Berkendara yang Tepat

Bagi pengendara motor, menggunakan helm adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan, baik pengendara maupun penumpang. Sedangkan untuk pengguna mobil, sabuk pengaman wajib digunakan untuk meminimalisasi risiko saat terjadi kecelakaan.

Selain itu, seringkali pengendara lupa untuk mengecek kondisi kendaraan secara berkala. Padahal pemeriksaan dan perawatan kendaraan sangat diperlukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi kendaraan apakah layak jalan atau malah butuh dilakukan penggantian komponen agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama digunakan.



Simak Video "Mantap! Road Trip Jakarta-Bali with Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)