Penyebab Munculnya Jamur di Kaca Mobil dan Cara Membersihkannya

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 27 Nov 2020 09:42 WIB
Tips berkendara mobil di musim hujan
Tips menghindari kaca mobil berjamur Foto: Dok. ADM
Jakarta -

Kaca yang bersih memudahkan visibilitas pengemudi saat membawa kendaraan. Tapi masalah yang mengintai umumnya ialah jamur pada kaca mobil.

Sebelum mengetahui bagaimana membersihkan kaca mobil dari jamur, kenali dulu penyebabnya. Seperti dikutip dari laman Auto2000, salah satunya ialah air hujan.

Usai diguyur hujan, mobil tidak langsung dibilas menggunakan air bersih. Ketika hujan reda, ada sisa air hujan yang menempel pada kaca mobil, jika dibiarkan akan menimbulkan bercak dan jamur pada kaca mobil.

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, pemilik mobil harus rajin membersihkan dan membilas lagi kaca yang sudah terkena air hujan. Cukup membasuh dengan air, kemudian lap sampai benar-benar bersih dan kering.

"Caranya hanya seperti itu dan sangat mudah dilakukan. Jika malas dan membiarkan kaca mobil kering sendiri, itu akan timbul jamur," ujar Sapta di Jakarta.

Jika kaca sudah berjamur, tentunya cara paling mudah ialah datang ke salon mobil. Tapi, bisakah jamur di kaca mobil dihilangkan menggunakan bahan yang sederhana?

Dikutip dari berbagai sumber ada beberapa cairan yang bisa digunakan, di antaranya;

Glass Cleaner

Seperti namanya, ini adalah produk yang ditujukan untuk membersihkan kaca. Produk ini berbentuk cairan kental dan pekat yang dapat membersihkan sekaligus memberikan hasil akhir berkilau. Glass Cleaner yang bagus dapat mengangkat minyak sekaligus jamur yang sudah mengakar di pori-pori kaca.

Pasta Gigi dan Alkohol

Pasta gigi dicampurkan dengan alkohol dapat menjadi ramuan alternatif pembersih jamur dari kaca mobil. Tapi perlu diingat, karena bukan produk khusus pembersih kaca hasil akhirnya tak begitu maksimal. Pasalnya ramuan ini memiliki tingkat penguapan yang tinggi dan sangat cepat kering yang membuat proses membersihkan jadi lebih lama.

Gunakan alkohol dengan kandungan 50-90 persen dengan pasta gigi non gel yang biasanya berwarna putih. Bila kaca mobil terdapat bercak water spot dan jamur, bisa langsung menggabungkan keduanya untuk bahan membersihkan noda. Pertama, bersihkan kaca dengan alkohol kemudian memakai pasta gigi di titik jamur yang sulit dibersihkan. Basahi kain lembut dengan alkohol kemudian gosokkan untuk membersihkan kaca mobil dari jamur.

Pastikan juga saat melakukan ini alkohol jangan sampai mengenai permukaan cat body mobil karena dapat merusaknya. Untuk jamur yang sulit dibersihkan, cukup olesi bagian tersebut dengan pasta gigi secara merata dan tunggu hingga kering. Butiran lembut yang terkandung di dalam pasta gigi bisa mengikis jamur yang membandel. Setelah kering, bilas bekas odol tadi dengan air sembari digosok dengan kain lembut. Bilas kembali dengan air dan pastikan permukaan kaca yang bersih dari pasta gigi. Lanjutkan keringkan dengan lap microfiber agar tidak ada lagi sisa air yang menempel. Ini membuat jamur tak akan menempel di kaca mobi.



Simak Video "Detik-detik Pembobolan Mobil Berisi Cek Rp 43 M di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)