Rabu, 18 Nov 2020 06:38 WIB

Mesin Mobil Boleh Dicuci Pakai Air Nggak Sih?

Tim detikcom - detikOto
Suzuki mengenalkan varian low SUV baru, XL7. Model ini merupakan hasil pengembangan dari model low MPV, Ertiga. Penasaran? Yuk, lihat. Mesin mobil boleh dicuci pakai air nggak sih? Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Mencuci adalah bentuk perawatan paling mudah yang bisa dilakukan pemilik atau pengguna mobil. Namun biasanya bagian mobil yang dibersihkan hanya yang terlihat mata saja, seperti eksterior, ban, pelek, hingga kabin. Sementara bagian yang tidak kelihatan langsung oleh mata, seperti mesin, umumnya luput dari perhatian.

Pertanyaannya, jika bagian mesin mobil juga perlu dibersihkan, apakah boleh jika disemprot langsung menggunakan air yang mengalir? Tentunya tidak sesederhana itu prosesnya.

Seperti dikutip dari laman Suzuki, membersihkan bagian mesin bukanlah perkara mudah, sebab di area ini penuh dengan komponen-komponen sensitif air, terutama komponen elektrikal, yang berisiko mengalami korsleting saat terkena air.

Lalu seperti apa solusinya?

Untuk membersihkan area mesin, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali lebih dulu di mana bagian-bagian komponen elektrikal disimpan. Misalnya ECU, sekring-sekring, serta komponen lainnya yang berhubungan dengan elektrikal seperti sensor ABS.

Sebelum dibersihkan, tutupi semua komponen tersebut dengan plastik, atau minimalnya terlindung dari cipratan air. Kalau ada kabel yang tidak terbungkus, atau bungkusnya sudah terkelupas, segera bungkus kembali dengan isolasi. Ingat! Harus rapi ya detikers, supaya air tidak menyelinap ke dalam komponen yang dilindungi tersebut.

Jika sudah memastikan keamanan komponen kelistrikan tersebut, Anda bisa memulai proses pencucian dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Siapkan water spray, dan cuci mesin seperti biasa.

2. Setelah disabuni, semprot bagian mesin dengan cairan degreaser sambil disikat lembut. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas, atau engine brush.

3. Semprot kembali area tersebut dengan air untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran, sekaligus membersihkan bekas sabun yang masih menempel di sekitar mesin.

4. Setelah dipastikan bersih, semprot bagian-bagian yang dicuci tadi dengan kompresor angin. Hal ini dilakukan untuk membuang sisa-sisa air di sekitar mesin.

5. Untuk menghindari timbulnya kerak, sebaiknya mobil jangan langsung dipakai. Diamkan selama 2-3 jam untuk memastikan bagian mesin benar-benar kering.

6. Terakhir, nyalakan mesin dan hangatkan mobil.

Sambil menghangatkan mesin mobil, tidak ada salahnya Anda mengecek semua komponen yang berhubungan dengan sistem kelistrikan, termasuk lampu-lampu, klakson dan lainnya. Jika ada kerusakan, cek kembali bagian yang tadi dilindungi dan pastikan semuanya sudah kering maksimal.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com