Garis-garis di Kaca Belakang Mobil Ini Punya Fungsi Penting Saat Hujan

Tim detikcom - detikOto
Senin, 23 Nov 2020 11:43 WIB
Defogger atau lapisan anti embun di kaca belakang mobil
Foto: Luthfi Anshori. Defogger atau lapisan anti embun di kaca belakang mobil.
Jakarta -

Pernahkah Anda melihat detail garis-garis berwarna kecoklatan yang ada di kaca belakang mobil? Ternyata itu bukan hiasan semata, melainkan sebuah fitur yang sangat berguna bagi pengendara saat mengemudi di tengah kondisi hujan.

Seperti dilansir dari laman Daihatsu, garis-garis itu disebut sebagai defogger. Fungsinya untuk menghilangkan embun yang menempel di kaca mobil ketika sedang hujan.

Ketika tengah berkendara saat hujan tanpa menggunakan AC, sering kali pandangan ke arah belakang menjadi lebih buram, hal ini disebabkan embun yang muncul. Embun tersebut dapat mengganggu visibilitas, sehingga bisa mengancam keselamatan pengemudi ketika sedang berkendara dalam kondisi cuaca ekstrem. Dengan adanya defogger, maka visibilitas pengendara tetap terjaga.

Cara Mengaktifkan Defogger

Fitur ini bisa diaktifkan dengan cara menekan tombol defogger yang berada di sekitar pusat kontrol AC mobil. Tombol ini biasanya disimbolkan dengan gambar berbentuk persegi panjang yang dilintasi penuh dengan bentuk meliuk. Anda hanya perlu menekan tombol ini maka fitur tersebut pun sudah dapat diaktifkan.

Defogger mobil memiliki 2 jenis yakni pada bagian depan dan belakang. Untuk di depan, cara kerjanya adalah dengan bekerja dari kipas AC, nantinya udara akan berhembus dari bagian ventilasi yang ada pada dashboard. Setelah itu, udara nantinya akan di sinkronisasi dengan suhu AC.

Sementara cara kerja defogger di kaca belakang mobil ini lebih sederhana. Perlu diketahui, garis-garis tersebut sebenarnya adalah sebuah elemen panas. sistem tersebut nantinya akan memanaskan elemen ini, sehingga embun dapat lebih cepat hilang dari kaca.



Simak Video "Begini Rasanya CBR150R dengan Aura Big Bike"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)