Tips Merawat Wiper: 5 Masalah dan Cara Mengatasinya

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 27 Nov 2020 07:07 WIB
Tips berkendara mobil di musim hujan
Ilustrai berkendara saat diguyur hujan Foto: Dok. ADM
Jakarta -

Wiper, benda paling diandalkan pemobil kala berkendara di tengah guyuran hujan. Jika wiper dalam keadaan tidak baik, visibilitas pengemudi pun akan terganggu. Lalu apa saja masalah yang umumnya ditemukan pada wiper?

Wiper Mengeluarkan Suara Berdecit

Ada dua kemungkinan pangkal masalahnya, yakni karetnya yang sudah getas atau pemilik mobil yang malas membersihkan kaca.

"Bisa jadi satu karetnya sudah tidak maksimal, sudah mulai keras jadi ketika menyapu tidak halus. Kalau halus akan lebih smooth pergeserannya," tutur Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi.

Ia menjelaskan selain kelenturan karet wiper, kondisi fisik karet ini juga wajib diperhatikan. Lihatlah apakah karet wiper Anda pecah-pecah atau bahkan sobek. Gantilah bila Anda menemukan hal tersebut.

Lebih lanjut Anjar menjelaskan, bunyi decitan juga bisa disebabkan karena kaca yang kotor akibat paparan debu yang hinggap saat musim panas. Biasanya pemilik yang malas untuk membersihkan mobil.

"Bisa juga kacanya kotor, menempel debu-debu halus yang sudah tidak lama dibersihkan jadi itu seperti bikin keset," bilang Anjar.

Bosch melalui Divisi Automotive Aftermarket (AA) baru-baru ini meluncurkan wiper flat-blade terbarunya, yakni Bosch Clear Advantage, yang memberikan performa unggul untuk mobil-mobil Asia bahkan di kondisi cuaca ekstrem sekalipun. Diperkuat teknologi flat-blade dari Bosch,  wiper Bosch Clear Advantage ini menggabungkan pegas baja tunggal dan formulasi karet eksklusif yang menghadirkan distribusi tekanan yang merata ke seluruh bilah wiper dan kaca depan mobil.Wiper perlu dirawat supaya performanya oke Foto: Bosch

Bentuk Karet Wiper Berubah

Dalam situs Honda Indonesia disebutkan Cobalah menyirami kaca mobil dengan air dan bersihkan menggunakan wiper. Jika kaca dapat kering tanpa menyisakan bercak air artinya karet wiper masih dalam kondisi prima. Sebaliknya jika masih menyisakan bercak air, berarti karet tak lagi bekerja baik dan perlu diganti.

Pun bentuk karet wiper yang baik posisinya lurus, kalau dilihat melengkung maka ada bagian kaca yang tidak tersapu sempurna.

Wiper Tidak Bergerak

Masalah lain jika wiper sudah dinyalakan tapi tak bergerak, di mana masalahnya?

Meski karet sudah diganti bila komponen ini tetap tidak bekerja maka motor wiper harus segera diganti.

"Motor wiper termasuk yang kuat, saya jarang mendengar informasi bermasalah. Sistemnya sederhana, kebanyakan karetnya (yang bermasalah)," ungkap Anjar.

"Secara khusus dia (motor wiper) biasanya tidak gerak, indikasi awal, bisa jadi karenanya motornya," tandasnya.

[Lanjut ke Halaman Berikutnya]

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Begini Rasanya CBR150R dengan Aura Big Bike"
[Gambas:Video 20detik]