Selasa, 20 Okt 2020 07:06 WIB

Tips Beli Mobil Matik Bekas, Periksa Lebih Teliti di Bagian Ini

Tim detikcom - detikOto
Transmisi mobil otomatis Hyundai yang menggunakan shiftronic Tips membeli mobil matik bekas ada bagian yang harus diperiksa dengan teliti (Hyundai)
Jakarta -

Mobil bertransmisi otomatis alias matik makin digemari masyarakat karena lebih praktis dan mudah dioperasikan. Bila Anda tertarik dan ingin membeli sebuah mobil matik dalam kondisi bekas, ada baiknya melakukan pemeriksaan lebih teliti di bagian transmisi. Sebab sudah menjadi rahasia umum jika transmisi mobil matik punya harga yang sangat mahal. Jadi pastikan part ini masih dalam kondisi bagus saat Anda membeli mobil matik bekas.

Saat memutuskan membeli sebuah mobil bekas, Anda harus melakukan inspeksi di beberapa bagian seperti bodi, kaki-kaki hingga kondisi interior dan mesin, kondisi transmisi mobil tentunya juga harus perhatikan. Jangan sampai tidak lama setelah Anda membelinya transmisi mobil lantas bermasalah.

Karena itulah, ada beberapa tips ringan yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi sistem transmisi matik mobil bekas yang Anda incar. Pertama-tama, Anda wajib meminta kesempatan test drive mobil matik kepada si penjual. Bila kesempatannya didapat, Anda bisa melakukan beberapa langkah pemeriksaan.

Sebagai awalan, hidupkan mesin mobil matik yang Anda coba. Tidak usah pakai AC. Saat dinyalakan, dengar dengan seksama suara mesin mobil bekas incaran Anda.

Bila ada suara 'nging' yang tidak lazim, sangat mungkin umur transmisi itu tidak akan lama lagi. Maka pertimbangkan hal itu sebelum memutuskan untuk meminangnya.

Setelah mengecek kondisi mesin, langkah selanjutnya adalah mengecek sistem transmisi. Mulailah pindahkan tuas dari mode Parking (P) ke Netral (N).

Ketika Anda memindahkan tuas dari P ke N maka akan lewat modus R. Perhatikan, apakah mobil menghentak dengan tidak lazim. Kalau menghentak dan ada bunyi jedak yang tidak lazim, besar kemungkinan transmisi matiknya mudah bermasalah.

Kemudian pindahkan kembali tuas transmisi mobil matik itu dari posisi Netral (N) ke posisi Drive (D). Kembali perhatikan apakah ada hentakan yang tidak lazim atau bunyi jedak yang tidak biasa. Jika ada, kondisi transmisi itu sudah rentan masalah.

Ketika Anda menemui masalah itu, pikirkan ulang untuk meminangnya. Dan kalau masih belum yakin, bawa mobil itu ke bengkel kepercayaan Anda untuk dicek lebih lanjut kondisi transmisinya.

Di luar pengecekan mesin dan transmisi, tentunya masih ada hal lain yang harus Anda pastikan lagi, seperti apakah mobil tersebut mengalami kebocoran oli atau bekas menerjang banjir? Selain itu cek pula riwayat servisnya, juga kelengkapan dokumennya seperti STNK maupun BPKB.



Simak Video "Gokil! Mobil Bekas Dimodifikasi Jadi Musala"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com