Rabu, 14 Okt 2020 06:37 WIB

Bukan Cuma Hiasan, Ini Fungsi Talang Air di Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Avanza-Veloz Sebangsa di Palembang Talang air di mobil bukan sekadar hiasan. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Talang air menjadi salah satu fitur yang ditawarkan produk mobil terkini. Sekilas, komponen ini memang tampak seperti aksesori biasa yang ditempel di daun pintu. Tapi ternyata fungsinya bukan hanya untuk hiasan. Talang air punya fungsi yang penting, lebih dari sekadar aksesori.

Seperti dikutip dari laman Auto2000, talang air punya 4 fungsi penting di mobil, yakni untuk meredam suara bising dari luar, melindungi pengemudi dan penumpang dari air hujan, mengurangi embun, dan melindungi komponen di dalam mobil. Berikut penjelasannya.

1. Meredam Suara Bising dari Luar

Talang air mobil atau door visor tak hanya bisa membuat tampilan mobil jadi menarik. Komponen ini ternyata juga bisa meredam suara dari luar. Terpasang di bagian luar atas jendela mobil, door visor mampu mengarahkan aliran udara dari mesin ketika bergerak. Alhasil, suara bising dari luar mobil bisa teredam. Kondisi kabin pun jadi lebih senyap.

2. Melindungi Pengemudi dan Penumpang dari Air Hujan

Sesuai namanya, talang air mobil berfungsi untuk melindungi penumpang dan pengemudi mobil dari terpaan air hujan. Secara desain, talang air berbentuk melengkung menutupi bagian atas kaca samping mobil. Dengan begitu, air bisa langsung mengalir ke bagian depan kap dan bodi belakang mobil, sehingga air tidak akan mengendap.

3. Mengurangi Embun

Tak hanya mengurangi guyuran air hujan dari kaca jendela samping, fungsi talang air mobil juga bisa meminimalisasi embun. Khususnya embun di bagian kaca depan, yang berisiko mengurangi jarak pandang pengemudi.

Ketika embun pada bagian kaca depan dapat dikurangi, maka Anda bakal mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman. Begitu pun pada kaca samping mobil, embun tidak akan otomatis menempel di kaca berkat adanya door visor.

4. Melindungi Komponen di Dalam Mobil

Masih berhubungan dengan musim hujan, fungsi talang air mobil juga dapat melindungi komponen di dalam mobil, seperti berbagai tombol elektrik yang menempel pada panel. Bayangkan bagaimana jika tidak ada door visor. Maka ketika jendela tidak tertutup rapat, guyuran air hujan akan merembes ke dalam kabin dan langsung membasahi berbagai komponen di dalamnya.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com