Kamis, 08 Okt 2020 20:23 WIB

Cara Cerdik saat Kendaraan Terjebak Demonstrasi: Pura-pura Ikutan Demo

M Luthfi Andika - detikOto
Bentrokan terjadi antara pengunjuk rasa dan kepolisian di Harmoni, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Aksi yang sebelumnya damai tersebut lantas berujung bentrok. Ilustrasi demo UU Cipta Kerja (Rifkianto Nugroho/detikCom)
Jakarta -

Dalam situasi tak menguntungkan terjebak demonstrasi saat berkendara, satu hal yang pertama harus dilakukan adalah jangan panik. Langkah berikutnya, jika memang aman, pura-puralah jadi salah satu peserta aksi.

Langkah ini dilakukan di saat detikers benar-benar terjebak ya, karena jauh lebih bijak untuk tidak berkendara sama sekali saat terjadi demonstrasi atau memilih berkendara saat situasi sudah aman. Seperti yang disampaikan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu.

"Misalnya terjebak macet (karena demo) maka jangan panik, segera cari area parkir yang bukan area target para pendemo. Manakala sudah tidak bisa bergerak, juga jangan panik keluar dari mobil dan ikut membaur dekat dengan kendaraan kita sambil berpura-pura menjadi pendemo," kata Jusri.

Saat berpura-pura menjadi seorang pendemo, detikers bisa sambil menjaga kendaraan.

Saat ini suasana jalan di Balai Kota masih di penuhi massa dan mulai merusak dengan membakar fasilitas umum di kawasan itu.Saat ini suasana jalan di Balai Kota masih di penuhi massa dan mulai merusak dengan membakar fasilitas umum di kawasan itu. Foto: Pradita Utama

"Saat membaur menjadi pendemo kita bisa memberikan saran kepada para pendemo, agar tidak menghancurkan kendaraan kita seolah-olah kita bukan pengemudi atau pemiliknya," ujar Jusri.

"Ini pernah saya lakukan dulu saat terjadi kerusuhan. Saat saya terjebak dan tidak bisa menghindar saya pinggirkan kendaraan lalu saya keluar mobil bahkan saya membuka baju saya seolah-olah saya bagian dari mereka. Akhirnya saya memberikan saran agar tidak menghancurkan kendaraan dan itu berhasil lho," tutup cerita Jusri.



Simak Video "Besok BEM SI Bakal Demo Tolak UU Ciptaker Lagi! Polri Ingatkan Sanksi"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com