Senin, 05 Okt 2020 18:00 WIB

MIINI Cooper Parkir di Garasi Hangus Terbakar, Begini Tips Pencegahannya

Tim detikcom - detikOto
Mini cooper terbakar di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (5/10/2020). Mini Cooper hangus terbakar di Menteng Foto: Istimewa
Jakarta -

Sebuah Mini Cooper yang terparkir di garasi rumah mewah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, hangus terbakar. Penyebab mobil terbakar masih didalami lebih lanjut.

Kebakaran terjadi di sebuah rumah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 10.30 WIB siang tadi. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.20 WIB. Nahas, mobil hangus dan ruang garasi berukuran 4x6 meter juga ikut terbakar.

"Kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 1 miliar," tutur Kasudin Damkar Jakarta Pusat Asril, saat dihubungi detikcom, Senin (5/10/2020).

Asril menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sementara penyebab kebakaran masih didalami.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mobil bisa terbakar hangus. Faktornya bisa karena kesalahan pemilik mobil, maupun karena persoalan teknis.

National Fire Protection Association (NFPA) Amerika Serikat menyebut mobil bisa terbakar karena berbagai alasan. Masalah mekanikal atau elektrikal merupakan penyebab paling umum.

NFPA memberikan beberapa tips. Pertama dan yang paling penting, mobil harus rutin diservis oleh mekanik yang terlatih secara profesional. Mobil yang terawat dengan baik cenderung lebih aman dari risiko terbakar.

Jika Anda menemukan atau melihat ada kebocoran sehingga mobil tidak berjalan dengan benar, segera periksa dan perbaiki untuk menghindari risiko mobil terbakar.

Kenali tanda-tanda bahaya. Misalnya kabel yang longgar atau rusak, oli atau cairan lainnya yang bocor, penutup bahan bakar, oli atau cairan lainnya yang tidak tertutup dengan sempurna, serta terjadi perubahan yang cepat pada tingkat bahan bakar, cairan atau suhu mesin.

Selain itu, salah satu penyebab mobil terbakar adalah memodifikasi sistem kelistrikan. Sistem kelistrikan yang dimodifikasi secara sembarangan bisa menyebabkan terjadinya korsleting. Untuk itu, pemilik mobil disarankan agar tidak memodifikasi sistem kelistrikan kendaraan.

Hindari menyimpan barang yang mudah terbakar di dalam mobil. Barang-barang seperti bensin, tinner, parfum cair, atau korek api gas rentan terbakar jika disimpan di dalam kabin.

Terlebih jika mobil itu diparkir di ruang terbuka dalam waktu lama. Barang tersebut mengandung bahan aktif yang jika diletakkan di dalam ruang tertutup dengan suhu udara tinggi bisa berpotensi menimbulkan api dan menyebabkan kebakaran.



Simak Video "Korsleting, MINI Cooper di Menteng Hangus Terbakar!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com