Sabtu, 19 Sep 2020 16:34 WIB

Cara Mudah Hilangkan Bekas Stiker di Bodi Mobil

Tim detikcom - detikOto
Stiker anggota keluarga di mobil Ilustrasi stiker menempel di mobil. Foto: Istimewa
Jakarta -

Stiker yang menempel di mobil memang bisa membuat tampilan eksterior jadi kelihatan beda. Terlebih stiker punya kelebihan tersendiri dibanding cat permanen. Stiker bisa dilepas sewaktu-waktu jika bosan.

Namun masalahnya, stiker yang dilepas secara asal-asalan malah bisa meninggalkan bekas lem yang membuat permukaan bodi mobil jadi kotor juga kusam.

Lalu bagaimana cara mudah melepas stiker mobil agar tidak merusak permukaan bodi mobil? Dikutip dari laman Auto2000, ada dua bahan pembersih yang bisa Anda manfaatkan untuk melepas stiker dari bodi maupun kaca mobil.

1. Lepas Stiker dengan Sabun

Sabun khusus bodi mobil atau sabun mandi bisa digunakan untuk menghilangkan lem bekas stiker yang menempel. Perlu diingat juga, jangan sekali-kali menggunakan sabun colek atau sabun cream. Sebab kandungan sabun colek tidak baik bagi permukaan bodi mobil.

Cara melepas stiker bodi mobil tidak sulit. Tinggal basahi permukaan stiker yang hendak dilepas dengan air sabun atau shampo. Kemudian gosok perlahan menggunakan kain basah sehingga sisa perekat di stiker terlepas. Anda bisa ulangi pengerjaan yang sama sampai tidak ada lagi sisa stiker yang masih menempel di permukaan bodi.

2. Memanfaatkan Kayu Putih

Minyak kayu putih tak hanya berguna untuk pengobatan. Cairan ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk melepas stiker bodi mobil. Efek dari minyak kayu putih yang telah disemprotkan terbukti dapat menghilangkan daya rekat pada stiker. Jika kondisi stiker tersebut sudah lunak, sebaiknya segera dicabut.

Tapi, harus tetap berhati-hati agar tidak meninggalkan bekas. Jika ujung stiker susah dicabut, sebaiknya oleskan minyak kayu putih pada bagian yang susah dicabut.

Ingat pula, dalam mengaplikasikan minyak kayu putih jangan gunakan alat yang keras seperti cutter, penggaris dan semacamnya untuk menghilangkan bekas stiker, ya.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com