Sabtu, 19 Sep 2020 07:42 WIB

Cara Aman Menyalip Kendaraan Pakai Mobil Matik

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil Matik Ilustrasi mobil matik. Foto: Autodeal
Jakarta -

Mobil bertransmisi otomatis alias mobil matik memang menawarkan kemudahan dalam pengoperasian. Meski gampang, ada teknik-teknik khusus yang perlu dipelajari saat mengendarai mobil matik. Misalnya saat ingin menyalip kendaraan di depan, ada trik tertentu yang bisa dilakukan pengendara agar aman.

Seperti dijelaskan Training Development, Section Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Aji Prima Barus Nurcahya, ketika pengendara ingin berakselerasi untuk menyalip kendaraan di depan, yang pertama harus dipastikan adalah jarak aman. Ini perlu diperhatikan, sehingga saat menyalip tapi yang terjadi tidak sesuai ekspektasi, maka masih ada ruang untuk melakukan pengereman.

"Mau mobil manual atau matik saat ingin menyalip itu sama, pastikan jaga jarak aman. Kita harus tahu kondisi mobil kita dan celah di depan. Pastikan ada jarak aman 3 detik dengan objek di depan saat ingin menyalip," kata Aji, dalam diskusi virtual belum lama ini.

Dan bukan hanya jaga jarak aman dengan di depan, tapi juga pastikan jarak aman di baik di sisi kiri, kanan, maupun sisi belakang.

Setelah memastikan jarak aman, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menggeser tuas transmisi ke posisi 3. Hal ini akan membatasi perpindahan gigi ke posisi 3, sehingga akselerasi saat menyalip bisa terjaga.

"Sudah jadi rahasia umum, yang namanya mobil manual danmatik daya akselerasinya beda. Maka itu segera pindahkan tuas transmisi dari D ke 3. Setelah memindahkan posisi gigi, selanjutnya lakukan kick down (menekan dalam pedal gas) saat ingin menyalip," jelas Aji.

Setelah menyalip, segera pindahkan kembali posisi tuas ke posisi D supaya bisa berkendara dengan aman.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com