Jumat, 11 Sep 2020 10:43 WIB

Tips agar Mobil Nggak Nge-drift seperti Tank TNI di Bandung

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tank TNI Tabrak Gerobak di Bandung Barat Tank TNI Tabrak Gerobak di Bandung Barat. Foto: tangkapan layar video viral.
Jakarta -

Tank TNI AD mengalami kecelakaan di Kabupaten Bandung Barat, Kamis (10/9/2020) kemarin. Tank tersebut kehilangan kendali saat menikung hingga menabrak motor dan gerobak penjual gorengan. Tak ada korban jiwa akibat kecelakaan tersebut.

Menurut pakar keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, pada mobil kejadian kehilangan kendali seperti tank TNI AD di Bandung itu disebut sebagai oversteer. Gejala oversteer pada mobil adalah ketika ban belakang kehilangan grip sehingga sulit dikendalikan.

Sony mengatakan, efek terburuk dari oversteer adalah mobil bisa melintir hingga terbalik. Untuk itu, Sony memberikan tips agar mobil tidak nge-drift tanpa disengaja.

"Kuncinya adalah mengemudi dengan halus dan pastikan kecepatan kendaraan mengikuti kemampuan pengemudi memutar setir," kata Sony kepada detikcom, Jumat (11/9/2020).

Sebab, Sony mengatakan gejala oversteer bisa dialami karena cara pengemudi memperlakukan kendaraan kurang tepat. "Seperti koreksi steer dan menginjak pedal gas secara kasar," ujarnya.

Hal tersebut bisa lebih parah jika medan jalan licin atau ban tidak sesuai dengan peruntukan alasnya. Penggunaan ban yang tepat menjadi kunci agar tak terjadi peristiwa serupa.

"Misalnya ban botak, atau ban MT/AT (ban Mud Terrain/All Terrain yang biasanya untuk mobil offroad) dipakai di alas yang rata/flat," sebut Sony.

Sementara itu, jika pengemudi mobil mengalami oversteer, jangan panik. Sony memberikan langkah-langkahnya jika mobil mengalami oversteer.

"Segera angkat kaki dari pedal gas, counter steer/putar setir ke arah sebaliknya dan injak pedal rem," saran Sony.



Simak Video "Waduh! Tank TNI Tabrak Gerobak-Motor di Bandung Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com