Jumat, 11 Sep 2020 09:45 WIB

Efek Buruk Jika Mobil Nge-drift seperti Tank TNI di Bandung

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tank TNI Tabrak Gerobak di Bandung Barat Tank TNI Tabrak Gerobak di Bandung Barat. Foto: tangkapan video viral.
Jakarta -

Kecelakaan tank TNI AD yang menabrak motor dan gerobak penjual gorengan viral. Tank tersebut kehilangan kendali saat berbelok, tampak dari video yang beredar tank itu sampai nge-drift.

Peristiwa nge-drift yang tidak diinginkan juga bisa terjadi pada mobil. Menurut pakar keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, peristiwa kehilangan kendali seperti nge-drift itu biasa disebut oversteer.

"Oversteer pada kendaraan karena roda belakang kehilangan grip, sehingga terjadi slip," kata Sony kepada detikcom, Jumat (11/9/2020).

Biasanya, menurut Sony, gejala oversteer pada mobil sering terjadi karena cara pengemudi memperlakukan kendaraan kurang tepat. Seperti koreksi setir dan menginjak pedal gas secara kasar.

Sony mengungkapkan, ada beberapa efek buruk dari kejadian oversteer pada mobil. Kemungkinan terbesarnya, mobil bisa melintir.

"Tapi kalau kecepatan tinggi relatif terbalik atau nabrak pembatas. Kenapa nabrak pembatas? Karena jalanan di Indonesia rata-rata kecil dan tidak memenuhi syarat," sebut Sony.

"Terbalik atau tidaknya tergantung kecepatan dan alasnya (permukaan jalan-Red). Biasanya terbalik karena jalan bumpy atau ada obstacle yang menghambat roda bergerak dan kecepatan putaran rodanya tanggung sehingga mobil mudah hilang keseimbangan dan terbalik," sambung Sony.



Simak Video "Waduh! Tank TNI Tabrak Gerobak-Motor di Bandung Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com