Sabtu, 15 Agu 2020 09:43 WIB

Cara Gampang Cek Kualitas AC Mobil, Cukup Hirup dengan Hidung

M Luthfi Andika - detikOto
Peranti pendingin udara (AC) mobil memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam menciptakan kenyamanan berkendara, oleh karena itu perlu perhatian dan kemauan untuk meerawatnya. Ilustrasi AC Foto: Pool (Bornrich)
Jakarta -

Air Conditioner (AC) merupakan peranti penting di mobil karena tanpa adanya AC siapapun yang ada dalam kabin dijamin tidak akan nyaman. Nah untuk itu, ada cara sederhana untuk bisa mengecek untuk mengetahui kualitas AC mobil detikers masih oke atau enggak.

Seperti yang disampaikan Management Trainer Dokter Mobil, Popo, kepada detikOto, Jumat (14/8/2020). "Ada cara sederhana untuk bisa mengecek kualitas Air Conditioner (AC), yaitu pas pagi-pagi hari saat menyalakan AC-nya coba dekatkan hidung ke AC. Jika tercium bau apek, anginnya kecil, lalu tingkat kedinginannya berubah, maka bisa dipastikan kondisi AC sudah tidak bagus," kata Popo.

Selain itu, lanjut Popo, cara mudah lainnya untuk mengecek kualitas kondisi AC. Cukup membuka kap mesin dan lihat selang AC.

"Selanjutnya buka kap mobil lihat selang AC yang besar, itu berair atau tidak kalau berair itu artinya AC masih bagus dan masih dingin. Kalau mau pegang, boleh saja aja selangnya dingin atau tidak. Kalau dingin itu artinya lebih bagus," Popo menambahkan.

AC mobil SsangYongIlustrasi AC mobil SsangYong Foto: SsangYong

Lalu bagaimana jika hanya membersihkan AC pada permukaannya saja? "Kalau dibersihkan depannya saja, itu yang bersih hanya depannya saja. Tapi itu tidak berfungsi karena tidak akan berpengaruh banyak, sangat dikit sekali," ujar Popo.

"Kalau mobil terparkir lama sebelum melakukan perjalanan jauh, yang harus dicek itu aki mobil. Lalu yang harus dilakukan pertama hidupkan mobil jangan langsung jalan, karena oli sudah turun dan dipanaskan agak lama. Terus kalau kondisi lama tidak digunakan, AC menjadi lembab dan itu itu bisa berjamur jadi AC harus dicuci. Kalau memang tidak kotor cek berkala karena sudah lama diam. Disarankan untuk membersihkan evaporator per 3-6 bulan, Selanjutnya jangan lupa cek oli, itu tergantung dari kualitas oli bisa 8 bulan atau 1 tahun," ucap Popo.

Dalam kesempatan yang sama, Dokter Mobil Raya Serpong dan secara resmi telah dibuka pada Kamis, (13/08/2020). Kehadiran Dokter Mobil Raya Serpong sekaligus akan menjadi cabang ke 15 Dokter Mobil. Bengkel mobil dengan teknologi service paling canggih di Indonesia ini diharapkan dapat menjadi pilihan bagi pemilik mobil yang berdomisili di sekitar Jalan Raya Serpong, Alam Sutera, dan Sekitarnya.

"Dokter Mobil sebelumnya sudah ada cabang di daerah Serpong, namun karena cukup banyaknya permintaan, maka demi memenuhi permintaan dan kebutuhan konsumen kami membuka cabang kedua di daerah Serpong." demikian kata owner dari Dokter Mobil yang akrab disapa Ko Lung-Lung.

Ko Lung-Lung mengatakan bahwa Dokter Mobil Raya Serpong ini akan memiliki standar yang sama dengan cabang-cabang lainnya. Standar ini meliputi peralatan bengkel dari 9circle yang lengkap dan canggih. 9circle sendiri adalah supplier kebutuhan bengkel dari Jerman yang produknya telah diakui oleh berbagai bengkel di seluruh dunia.

"Dokter Mobil menjamin akurasi dan pelayanan yang cepat dan memuaskan dengan penggunaan 70% mesin dan 30% tenaga ahli, itu membuat service di Dokter Mobil tidak perlu memakan waktu yang lama, sehingga konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama." jelas Ko Lung-Lung.



Simak Video "Awas! Mobil Ber-AC Belum Tentu Aman dari Polusi"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com