Selasa, 11 Agu 2020 12:15 WIB

Ingat! Mobil Terparkir Lama Bukan Berarti Bakal Lebih Awet

M Luthfi Andika - detikOto
Dinamakan Kedai Built Up, Helmy sang pemilik mempunyai 25 unit lebih mobil bergaya tersebut dari berbagai merek dan tipe di garasinya. Ilustrasi parkir mobil di garasi. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta -

Pada masa transisi seperti saat ini pasti banyak dari detikers yang kerap hanya memarkirkan kendaraan terutama mobil di garasi rumah. Mobil yang terparkir lama di di garasi rumah bukan berarti akan lebih awet.

Lalu bagaimana caranya agar mobil kesayangan kita tetap aman dan tetap nyaman saat dikendarai kembali? Engineering Services Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI), Ersandhy Achmad menjelaskan kepada detikOto, agar terus memperhatikan mobil yang tengah terparkir di garasi.

"Terus memperhatikan kondisi mobil menjadi hal penting, karena meski kendaraan tidak dikendarai ada beberapa part mobil yang memiliki umur pakai. Jadi harus tetap diganti," kata Ersandy.

Ersandy menjelaskan beberapa poin yang harus dilakukan agar mobil tetap aman saat dikendarai. Seperti yang berikut ini:

1. Tetap melakukan isi tangki bahan bakar hingga penuh untuk mencegah kelembaban menumpuk di sistem bahan bakar dan dapat memengaruhi mobil saat Anda ingin menggunakannya.
2. Nyalakan mobil setidaknya sekali atau dua kali seminggu. Pastikan perangkat mencapai suhu pengoperasian penuh sebelum Anda mematikannya kembali selama sekitar 10-15 menit.
3. Pastikan tekanan ban Anda sesuai dengan yang tertulis di pintu, dan bahkan mungkin 5 psi lebih tinggi dari itu jika akan diam untuk waktu yang lama.
4. Parkir mobil Anda pada balok kayu di bawah ban untuk mencegah semen menarik tekanan udara keluar.
5. Bersihkan mobil Anda secara teratur untuk membersihkan puing-puing dan kotoran di bawah mobil dan di luar mobil.
6. Bersihkan bagian dalam mobil dan hal ini akan mencegah timbulnya bau atau jamur.

7. Jangan setel rem parkir jika Anda akan memarkirnya lebih dari 30 hari karena bantalan atau sepatu dapat tersangkut ke drum atau rotor dan menyebabkan masalah di jalan saat Anda memindahkannya.
8. Mobilâ„¢ Lubricants bekerja sama dengan Brum.id, memberikan layanan servis di rumah. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya di wilayah Jabodetabek dengan menawarkan 2 paket layanan, yaitu paket ganti oli dan juga paket tune up dengan harga yang menarik.
9. Langkah penting agar mobil selalu siap pakai adalah mencopot aki. Saat mobil jarang dipakai aki rentan tekor.
10. Lalu perhatikan ban yang kempes karena udara menyusut karena dingin.
11. Meski jarang dipakai oli tetap harus diganti, sebab jadwal penggantian oli ditentukan dari dua hal, yakni jarak tempuh atau waktu, pilih yang mana yang tercapai lebih dulu.
12. Mobil yang terlalu lama tidak dipakai bisa menimbulkan masalah pada peranti rem. Bagian piringan cakram dan kaliper berpotensi karat, sehingga saat mobil digunakan dan rem diinjak akan timbul bunyi-bunyi dari rem.



Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com