Senin, 20 Jul 2020 10:42 WIB

Mobil Honda Anda Kena Recall Atau Tidak? Ini Cara Mengetahuinya

Luthfi Anshori - detikOto
Logo Mobil Honda Logo Honda mobil. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan kampanye penarikan kembali (recall) kepada 85.025 unit mobil Honda yang sudah beredar di Indonesia. Program perbaikan ini menyasar komponen fuel pump yang tidak bekerja dengan seharusnya. Lalu bagaimana cara mengetahui apakah mobil Honda Anda termasuk dalam bagian kampanye ini atau tidak? Ternyata cara mengetahuinya cukup mudah.

Anda tinggal mengunjungi situs www.pud.honda-indonesia.com. Di halaman muka situs tersebut dijelaskan bahwa program recall adalah bentuk tanggung jawab produsen mobil dalam menjaga tingkat keamanan, keselamatan dan kenyamanan berkendara. Kampanye penggantian komponen yang diindikasikan bermasalah pada kendaraan Honda ini gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Setelah membaca penjelasan tersebut, konsumen diarahkan untuk melakukan pengecekan unit di menu 'Check my Honda'. Di menu ini, konsumen Honda diarahkan untuk menginput nomor rangka. Bagi Anda yang belum mengetahui nomor rangka kendaraan bisa mengecek di beberapa lokasi, seperti pilar pintu kendaraan sebelah kiri penumpang depan, di bawah kap mesin, dan di bawah kursi pengemudi maupun ataupun penumpang.

Jika sudah memasukkan nomor rangka, langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor kode keamanan. Setelah itu, klik menu check, dan informasi soal status recall mobil Honda Anda akan muncul.

Sebagai informasi, nyaris semua model mobil Honda terkena dampak kampanye penarikan ini, model yang terindentifikasi dalam program recall meliputi Brio, Mobilio, Jazz, BR-V, HR-V, CR-V, City, Civic, dan Accord dengan tahun model antara 2017 hingga 2019. Dari model yang disebutkan di atas hanya Honda Oddyssey yang tidak terkena program recall ini.

Honda mengidentifikasi masalah komponen fuel pump atau pompa bahan bakar berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau mesin mati secara tiba-tiba saat mengemudi, dikarenakan fuel pump tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Kampanye penggantian komponen fuel pump telah dimulai sejak tanggal 15 Juli 2020 dan dilakukan secara bertahap di seluruh Indonesia tanpa dipungut biaya.

Selain bisa melihat informasi mengenai kampanye ini dan kendaraan yang teridentifikasi recall di website resmi Honda Indonesia dan www.pud.honda-indonesia.com, HPM juga telah mengirimkan surat pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang teridentifikasi.

Apabila kendaraan konsumen telah berpindah tangan, konsumen dapat menghubungi Honda Customer Care di toll free 0-800-1446-632 dari Senin - Jumat, pukul 08.00 s/d 17.30 WIB.

Untuk proses penggantian komponen Fuel Pump, konsumen dapat langsung menghubungi bengkel resmi Honda terdekat atau membuat janji (booking) melalui aplikasi Honda e-Care yang dapat di unduh pada App Store/Play Store. Bagi konsumen yang melakukan booking untuk penggantian Fuel Pump dengan menggunakan aplikasi Honda e-Care, akan mendapatkan 1 liter oli atau 1 botol Engine Cleaner gratis* selama periode bulan Juli-September 2020.

Perkiraan proses penggantian komponen di bengkel resmi Honda adalah 60 - 90 menit. Honda juga memberikan pilihan layanan pick up service sesuai dengan ketersediaan layanan di masing-masing dealer resmi Honda.



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com