Jumat, 10 Jul 2020 22:03 WIB

Corona Menular Lewat Airborne: Perhatikan Sirkulasi Udara Mobil, Buka Sedikit Kaca

M Luthfi Andika - detikOto
Virus Corona Bisa Ditularkan Lewat Partikel Aerosol Ilustrasi Bersin-bersin Foto: DW (News)
Jakarta -

Pandemi virus Corona masih cukup mengkhawatirkan bahkan kini penularan dikatakan bisa melalui udara. Untuk para pengendara mobil juga diingatkan agar tetap waspada jangan merasa aman karena berada dalam kabin mobil.

Karena meski menggunakan mobil pribadi penularan virus Corona masih bisa mengintai. Seperti yang disampaikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Omni Hospitals Pulomas, Dirga Sakti Rambe, kepada detikOto.

"Apapun pencegahannya, selalu ada risiko. Terutama bila kita semobil dengan orang-orang yang tidak tinggal serumah. Pencegahannya, wajib bermasker selama di dalam mobil, batasi penggunaan AC dan ada baiknya membuka kaca sedikit," kata dr. Dirga.

Terlebih, lanjut Dirga, untuk para pengguna kendaraan umum disarankan untuk lebih waspada pada penularan virus Corona dengan terus menggunakan masker.

"Karena penyebaran COVID-19 berupa mikrodroplet (droplet berukuran kecil) dapat terjadi melalui udara (airborne). Khususnya pada ruangan yang ventilasi atau sirkulasi udara buruk dan banyak orang. Hindari tempat seperti ini," katanya.

"Untuk mobil atau kendaraan umum atau apapun juga berpotensi demikian (tertular virus Corona). Oleh karena itu untuk transportasi publik, pengelola harus memperhatikan sirkulasi udara. Batasi penggunaan AC dan atur jumlah penumpang. Sedangkan untuk mobil pribadi, usahakan hanya membawa mobil yang serumah dan terus menggunakan masker," tambah Dirga.





Simak Video "Panduan Kesiapsiagaan dan Evakuasi Hadapi Bencana di Tengah Pandemi "
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com