Minggu, 14 Jun 2020 15:28 WIB

Mobil Matik Bisa Lakukan Engine Brake, Begini Caranya

M Luthfi Andika - detikOto
Mobil Matik Ilustrasi transmisi matik.Foto: Autodeal
Jakarta -

Membutuhkan daya penahan atau penurunan kecepatan secara instan disaat rem kurang memenuhi kebutuhan, pilihan engine brake kerap dilakukan pengendara. Tapi mungkin saat menggunakan mobil manual engine brake lebih mudah untuk dilakukan, kalau mobil matik bagaimana?

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna pada ajang tanya bengkel 'Kupas Tuntas Rem Mobil' bersama Toyota Yaris Club Indonesia, menyampaikan untuk melakukan engine brake pada mobil matik tidaklah sulit.

"Kalau matik engine brake-nya gmn? Itu sama saja seperti mobil manual, harus berurutan tidak bisa langsung misalnya dari posisi transisi paling tinggi langsung masuk ke transmisi posisi 1. Cuma perbedaannya hanya penyebutan, kalau mobil matik itu ada D atau L atau 1 dan 2," kata Suparna.

"Kalau Toyota sudah mengusung CVT, dari otomatis langsung digeser (ke manual) lalu tinggal turunkan posisi transmisi secara berurutan maka engine brake bisa terwujud," Suparna menambahkan.

Sayangnya, hingga saat ini banyak pemilik kendaraan yang belum tahu atau sebenarnya sudah tahu, dan kerap berpendapat takut mobilnya rusak saat melakukan engine brake. Padahal, engine brake jika dilakukan secara benar tidak akan menimbulkan kerusakan di mesin mobil.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com