Jumat, 15 Mei 2020 11:48 WIB

Mobil Diparkir Lama: Rem Tangan Jangan Dipakai, Ban Diganjal

Luthfi Anshori - detikOto
Rem tangan dan rem parkir elektronik Jangan aktifkan rem tangan saat mobil ingin diparkir lama.(Foto: Newspress)
Jakarta -

Ada satu hal yang harus dilakukan ketika memarkir mobil dalam waktu yang lama, yakni jangan mengaktifkan rem tangan (hand brake). Rem tangan yang diaktifkan saat mobil diparkir lama berpotensi membuat sistem pengereman rusak.

Seperti dijelaskan Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto, jika rem tangan aktif saat parkir mobil dalam jangka lama, kampas rem bisa menekan brake drum, dan lama kelamaan akan lengket.

"Jadi begini, kalau mobil sudah dipakai lama kan sudah terjadi adhesi, jadi kampas rem gampang melekat pada brake drum. Dan ini bisa membuat terjadinya potensi lengket (jika kampas rem menekan brake drum terlalu lama)," kata Budi, pada diskusi daring bersama media, Kamis (14/5/2020) kemarin.

Menurut Budi, jika kampas rem sudah terlanjur melekat dengan brake drum, maka akan sangat sulit melepasnya.

"Ini pernah terjadi sama mobil saya. Kalau sudah begitu maka solusinya mobil harus dipaksa jalan maju atau mundur secara berulang-ulang sampai lepas. Cara mudahnya gitu. Tapi kalau memang enggak bisa (diakali), sebaiknya panggil mekanik bengkel resmi lewat kontak emergency call," lanjut Budi.

Untuk menghindari potensi terjadinya masalah tersebut, Budi menyarankan kepada pemilik atau pengguna mobil agar jangan mengaktifkan rem tangan saat mobil diparkir lama. Lebih baik ban mobil diganjal dengan kayu atau benda lain yang bisa menghentikan laju kendaraan.

Parkir mobil dengan jack standParkir mobil dengan jack stand Foto: MMKSI

"Kalau mau parkir lama rem tangan enggak usah diaktifkan, kalau mobil matic tinggal geser ke posisi P, kalau mobil manual tinggal masukkan ke gigi 1. Parkirlah mobil di tempat yang rata, terus roda depan atau belakang harus diganjal," saran Budi.

Sebenarnya ada metode parkir lain yang lebih disarankan untuk kendaraan yang tidak digunakan dengan waktu lama, yakni dengan membuat mobil tidak menapak ke lantai menggunakan perangkat jack stand. Dengan cara ini, suspensi mobil akan menggantung roda tidak menapak, dan rem tangan tidak perlu diaktifkan. Namun cara ini lebih rumit dilakukan.



Simak Video "Rugi US$ 6,2 Miliar, Nissan Tutup Pabriknya di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com