Minggu, 10 Mei 2020 10:08 WIB

4 Tips Cuci Mobil #dirumahaja, Ruang Mesin Perlu Disemprot Air?

Luthfi Anshori - detikOto
Cuci mobil Ilustrasi mencuci mobil sendiri di rumah.Foto: Thinkstock
Jakarta -

Mobil yang lama terparkir di garasi rumah akan semakin kusam jika dibiarkan tidak terurus, apalagi jika diparkir di tempat tanpa atap. Nah, untuk mengusir rasa bosan dan menjaga kondisi mobil agar tetap bersih dan terawat, detikers bisa membersihkan mobil sendiri di rumah, dengan peralatan dan langkah-langkah yang sederhana.

Seperti dijelaskan authorized main dealer Toyota, Auto2000, dalam keterangan resminya. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti kain chamois, kain microfiber, sampo mobil, ember, cairan pembersih dan perawatan mobil, interior cleaner, pemoles ban, dan perlengkapan lain.

Selain itu, demi menjaga kesehatan di tengah pandemi virus Corona, Anda disarankan untuk menggunakan masker saat mencuci mobil, serta cuci tangan setelah mencuci mobil, bahkan jika perlu bisa langsung mandi untuk membersihkan badan.

Berikut 4 tips mencuci mobil sendiri di rumah.

1. Mencuci Eksterior Mobil

Mencuci mobil hingga bersih di tempat yang teduh di pagi hari menggunakan air bertekanan supaya mudah dan cepat. Anda bisa menggunakan sampo mobil dan dilap menggunakan kain chamois (lap kanebo) untuk membersihkan kotoran.

Mengapa perlu menggunakan kain chamois? Sebab kain ini merupakan lap pembersih yang terbuat dari bahan PVA/Archives dengan tekstur permukaan halus, dapat menyerap air ataupun minyak pada permukaan cat, kaca, jok kendaraan dan permukaan lainnya serta mudah untuk dikeringkan.

Untuk mengeringkan permukaan bodi yang sudah dicuci, bisa menggunakan kain microfiber. Lap secara merata dan pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi atau kaca mobil.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang pada bagian mobil yang punya potensi menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.

Bila diperlukan, poleslah ban menggunakan cairan ban untuk memberikan hasil tampilan ban selalu baru, meningkatkan elastisitas ban, serta melindungi side wall ban agar tidak mudah pecah dari suhu permukaan jalanan.

(Halaman selanjutnya: Perlukah Menyemprot Ruang Mesin dengan Air Bertekanan?)

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com