Kamis, 16 Apr 2020 17:37 WIB

Harga Mobil Bekas Lagi Murah, Beli Sekarang atau Tahan Dulu?

Ridwan Arifin - detikOto
Pekerja mengecek mobil yang dijual di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Jumat (17/5/2019). Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih menyatakan penjualan mobil bekas menjelang mudik Lebaran 1440 H meningkat 20 persen dibanding hari biasa pada bulan sebelumnya. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc. Ilustrasi mobil bekas Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Lalu bagaimana dengan pekerja yang memiliki tabungan namun tergiur dengan harga mobil bekas yang lebih murah dan tidak menyimpan dana darurat?

"Ya tentunya harus cek dan ricek dulu. Apakah keuangan pribadi si karyawan ini terkena impact."

"Kan bisa saja dia dirumahkan, karena penghasilan berkurang, karena tunjangan transport, tunjangan makan terhenti," jelas Budi.

Selain itu, sebelum memutuskan membeli mobil. Kategori seperti ini juga diharapkan bisa membaca peta kondisi perusahaan tempatnya bekerja.

"Pikirkan juga, kira-kira perusahaan tempat dia bekerja ini bisa bertahan berapa lama, dan terkena efek atau tidak. Jadi perlu melihat jangka panjangnya juga, kalau ini (virus Corona) berkepanjangan."

"Sebaiknya juga dipertimbangkan matang-matang sebelum mengambil keputusan apalagi kalau dibelinya secara kredit. Kalau kendaraan saat ini masih cukup mumpuni, layak untuk digunakan. Tidak ada salahnya menunda dulu rencana, lebih baik uang tabungan digunakan untuk berjaga-jaga." imbau Budi.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com