Sabtu, 08 Feb 2020 06:35 WIB

Ini Bahayanya Kebiasaan Menaruh Tangan di Atas Tuas Persneling

Dina Rayanti - detikOto
Mobil yang menjadi saksi bisu kematian rapper Tupac Shakur dikabarkan dijual. Mobil itu dijual seharga USD 1,75 Juta atau sekitar Rp 23,5 miliar. Penasaran? Ilustrasi (Dok. Celebrity Cars)
Jakarta -

Ada beberapa kebiasaan buruk pengendara yang tak disadari justru bisa membuat mobil cepat rusak. Salah satunya adalah kebiasaan menaruh tangan di atas tuas persneling, terutama pada mobil manual.

Menaruh tangan di atas tuas persneling dilakukan agar tak perlu repot ketika akan mengganti gigi. Memang terlihat sepele dan tak ada tenaga ekstra yang dikeluarkan, tapi rupanya jika dilakukan terus menerus bisa membahayakan, lho! Kok bisa, ya?

Melansir Financial Express, Kamis (6/2/2020), tuas persneling biasanya terhubung ke selector fork yang telah didesain untuk melakukan kontak dengan roda gigi yang berputar dalam waktu singkat.



Bila Anda meletakkan tangan di tuas transmisi, maka akan memberikan tekanan pada selector fork tersebut sehingga membuatnya saling bergesekan. Jika dilakukan terus menerus maka bisa membuat transmisi cepat aus.

Di samping itu, menaruh tangan di atas tuas persneling juga berpotensi membahayakan keselamatan Anda.

Posisi tangan ketika berkendara harusnya berada di atas setir dengan posisi mirip di angka 9 dan 3 pada jam. Tangan kiri di posisi angka 9, sedangkan tangan kanan di angka 3. Posisi ideal itu dimaksudkan agar pengendara bisa bereaksi dengan cepat ketika terjadi sesuatu.



Simak Video "Tol Layang Japek Diperbaiki, Agar Tak Bikin Mual?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com