Senin, 06 Jan 2020 14:41 WIB

Makin Tua Mobil, Makin Banyak Kerusakan Kalau Kena Banjir

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: 20detik
Jakarta - Semakin tua usia mobil, maka akan semakin banyak potensi kerusakan setelah terendam banjir. Seperti dikatakan owner Garden Speed, Taqwa Suryo Swarsono, mobil yang usianya sudah 10 tahunan lebih rentan mengalami kerusakan di bagian interior.

"Jadi misalkan ada mobil tahun 2009 kerendem dan mobil tahun 2018 kerendem. Itu yang buatan 2009 cenderung lebih banyak kerusakannya, terutama di bagian kabin," ujar Taqwa kepada detikcom, Senin (6/1/2020).



Lanjut Taqwa menjelaskan, di bagian kabin banyak terdapat lem untuk merekatkan lapisan peredam, lapisan atap, dan juga dasbor dengan rangka mobil.

"Jadi misal mobil 2009, dipakai sampai sekarang kan sudah 10 tahunan berarti. Nah otomatis ketika dia terendam banjir, lem yang sudah lama itu itu akan rentan rusak. Beda dengan mobil yang relatif baru, yang masih cukup kuat lemnya," lanjut Taqwa.



Namun bukan berarti mobil yang lebih modern akan mengalami kerusakan lebih sedikit dibanding mobil yang usianya lebih tua.

Perlu diketahui jika mobil-mobil terbaru sudah dilengkapi banyak sistem elektronik canggih. Seperti sistem safety ABS, dan ada juga beberapa model MPV yang sudah dibekali sistem kontak keyless.

Simak Video "Korban Banjir Bandang Sukabumi Butuh Bantuan "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com