Kamis, 02 Jan 2020 15:55 WIB

Inspeksi Mobil Setelah Lewati Banjir, Cek 4 Komponen Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Genangan air jadi hal yang sulit dihindari pengendara mobil saat musim hujan seperti ini. Jika dihadapkan pada banjir, hanya dua pilihannya. Cari jalan lain atau menerobosnya dengan penuh perhitungan.

Jika detikers memilih cara yang kedua, maka wajib hukumnya untuk melakukan pemeriksaan mendetail. Setidaknya ada 4 komponen mobil yang perlu diperiksa setelah melewati banjir.



"Kalau lewat banjir cukup tinggi, pertama cek bagian karpet. Itu basah atau nggak. Karena kalau karpet basah pasti akan menimbulkan bau tidak enak. Jadi segera dibersihkan dan dikeringkan," kata Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi, kepada detikcom, Kamis (2/1/2020).

Bagian kedua yang perlu dicek adalah area kaki-kaki. "Seperti bagian rem dan area kolong itu perlu dicek kalau-kalau ada kotoran atau sampah yang nyangkut di situ," lanjut Anjar.



Khusus untuk bagian rem, Anjar mewanti-wanti supaya pengendara mobil tidak melakukan hand brake (rem tangan) saat parkir ketika kondisi rem masih basah. "Karena nanti (sepatu kampasnya) bisa lengket (ke cakram). Jadi lebih baik diganjal dulu bannya, sampai rem kering," saran Anjar.

"Kemudian yang ketiga adalah cek area kelistrikan, kena cipratan air atau nggak. Kalau masih kering ya berarti aman," katanya lagi.



Komponen terakhir yang perlu diperiksa adalah oli mesin, apakah tercampur dengan air atau tidak. Oli yang tercampur air biasanya akan berwarna kecoklatan seperti kopi susu. Oli yang tercampur air akan sangat berbahaya jika digunakan. Karena bisa menimbulkan kerusakan besar di jeroan mesin.

Simak Video "Pantau Kondisi Banjir Jakarta Lewat Situs Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com