Minggu, 22 Des 2019 13:09 WIB

Yang Harus Dilakukan saat Terjebak Macet di Tol Layang Japek

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Penampakan macet di Tol Layang Cikampek (Gusti Alhaki-detikcom)
Jakarta - Kemacetan masih terjadi di ruas tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) sampai sekitar pukul 11.00 WIB, Minggu (22/12/2019). Bagi detikers yang memiliki rencana untuk mengakses tol layang Japek, sebaiknya melakukan persiapan lebih matang untuk menghadapi kemungkinan mengalami kemacetan.

"Biasanya tidak hanya pengemudi yang mengalami stres, tapi juga penumpang, terutama anak-anak kecil. Oleh karena itu, lakukan persiapan sebelum menemui situasi seperti ini," terang instruktur dan founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, dihubungi detikcom, Minggu (22/12/2019).



Jusri menyarankan kepada pengguna mobil agar tetap tenang, seandainya mengalami situasi kemacetan yang panjang di tol layang.

"Ketika kita terjebak sebagai pengemudi, santai saja. Misalnya dengan cara mendengarkan musik favorit. Lalu untuk anak-anak supaya nggak rewel, di dalam kabin penumpang usahakan dibuat nyaman. Jangan dimasukin ada buah durian, tikar, dan segala macam, yang membuat ruangan dalam mobil jadi tidak nyaman untuk anak kecil. Ini akan membuat stres," lanjut Jusri.



Jika pengemudi tidak tenang dalam menghadapi macet, itu akan membahayakan, karena bisa menimbulkan stres. Kata Jusri, stres akan membuat badan pengemudi dan penumpang dalam mobil sangat letih. Jadi selain stamina drop, otak juga stres.

"Dan untuk menghadapi kemacetan, logistik (makanan dan minuman) juga perlu dipersiapkan pengemudi dan penumpangnya. Lebih-lebih kaum wanita dan penumpang anak kecil," pungkasnya.

Simak Video "Kecelakaan Beruntun Terjadi di Tol Japek"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com