Liburan Nyaman, Jangan Sampai Mobil Mogok Apalagi Terbakar!

Rizki Pratama - detikOto
Minggu, 08 Des 2019 13:48 WIB
Mobil Terbakar. Foto: Enggran Eko Budianto


Hal kecil lain yang tak dapat dianggap sepele adalah kebiasaan menggunakan aliran listrik mobil untuk pengisian daya telepon genggam. Selain itu, Edwin juga mengingatkan untuk meninggalkan tabung berbahan aerosol di dalam kabin.

"Hindari charge handphone dalam waktu lama saat berkendara, hindari meninggalkan tabung dengan bahan aerosol di dalam mobil dalam waktu lama," tuturnya.



Di samping kebakaran, masalah mesin juga kerap menjadi pengganggu tergantung daripada seberapa parah kerusakannya. Salah satu penyebab besar mobil mogok adalah ausnya tali kopling karena cara pengoperasian pengemudi. Ada baiknya, saat di kondisi macet tidak terlalu sering menginjak pedal kopling. Biasakan menetralkan transmisi apabila kendaraan tidak melaju.

"Mogok saat macet umumnya disebabkan karena kondisi kopling yang aus akibat salah pengoperasian (pedal kopling menggantung), jadi pastikan saat berhenti posisi transmisi dinetralkan, pastikan bahan bakar cukup saat pengendaraan jarak jauh dan macet," pungkas Edwin.

Liburan Nyaman, Jangan Sampai Mobil Mogok Apalagi Terbakar!
Halaman

(rip/rgr)