Minggu, 08 Des 2019 13:48 WIB

Liburan Nyaman, Jangan Sampai Mobil Mogok Apalagi Terbakar!

Rizki Pratama - detikOto
Mobil Terbakar. Foto: Enggran Eko Budianto
Jakarta - Musim liburan sebentar lagi, artinya mobil siap dipakai jalan-jalan bersama keluarga untuk berekreasi. Tentunya perjalanan liburan tak mau terganggu dengan hal-hal tak terduga yang sebenarnya dapat dicegah sebelum terjadi.

Mobil mogok atau tiba-tiba kebakaran adalah salah satu masalah berat yang dapat mengubah liburan menjadi cobaan berat. Ada baiknya Anda mengenali hal-hal yang berpotensi menyebabkan mobil terbakar di bawah ini.



Salah satu sumber kebakaran biasanya timbul karena kelalaian pemilik sendiri. Benda-benda mudah terbakar seperti kain lap menjadi pemicu kebakaran apabila tertinggal di balik kap alias berada di mesin yang panas.

"Kebakaran tiba-tiba di kendaraan banyak faktor, pastikan tidak ada lap atau foam atau bahan apa pun yang mudah terbakar di sekitar ruang mesin atau knalpot," kata Kepala Bengkel Auto 2000 Permata Hijau, Edwin Dwi Novianto kepada detikcom.



Penyebab kebakaran lainnya pada mobil adalah modifikasi sistem kelistrikan mobil. Biasanya korsleting dipicu oleh pengguna produk aftermarket yang tidak kompatibel. "Hindari pemakaian variasi kabel yang tidak standar yang bisa menyebabkan korsleting listrik," tambah Edwin.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com