Senin, 04 Nov 2019 21:47 WIB

Takut Kusam dan Cepat Rusak, Jangan Pilih Dua Warna Ini Saat Beli Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Warna-warni mobil Prius Foto: Toyota Warna-warni mobil Prius Foto: Toyota
Jakarta - Awet tidaknya cat mobil, memang tergantung perawatan dari pemiliknya sendiri. Tapi pada dasarnya ada tipe-tipe warna tertentu yang perawatannya sulit dan rentan kusam dan rusak catnya.

Diungkapkan Technical Support Otogard, Ade Lesmana, ada dua jenis warna, yang bagi konsumen akan sulit dirawat sendiri, karena rentan rusak. "Dua warna itu adalah hitam dan putih," kata Ade, kepada detikcom.

Untuk warna putih, menurut Ade sangat rentan terhadap udara ekstrem. "Misal mobilnya dipakai di sekitaran Jakarta Utara atau dekat pesisir pantai, yang punya kandungan garamnya tinggi, itu bisa menimbulkan efek kuning di bodi cat warna putih. Apalagi kalau nggak pakai pelindung cat apapun, seperti nano coating dan lain sebagainya. Kalau sudah kena efek itu, susah bagi konsumen perawatannya," lanjut Ade.



Setali tiga uang, warna hitam juga mudah rusak jika terkena udara laut. "Kalau hitam, pasti akan kena efek kusam atau kena waterspot saat terkena udara laut," terang Ade.

Lanjut Ade, warna hitam juga gampang terkena baret. Dan jika sudah baret, akan sangat jelas kelihatan. "Ibarat salah bilas saja saat cuci mobil, warna hitam itu bisa kena baret dan kelihatan banget bekasnya," lanjutnya.

Menurut Ade, jika konsumen mobil ingin cat yang mudah secara perawatan, bisa memilih warna silver atau abu-abu. "Warna ini relatif lebih aman dibanding warna hitam atau putih. Meski secara tampilan, cat warna putih dan hitam lebih terlihat mewah dibanding abu-abu," pungkasnya.



Simak Video "Cuaca Nggak Jelas Bikin Galau Cuci Mobil? Ini Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com