Selasa, 01 Okt 2019 15:57 WIB

Pengendara Lakukan Ini Jika Terjebak di Tengah Massa Demo

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Mahasiswa Se-Palu gelar aksi demo (Antara Foto) Foto: Mahasiswa Se-Palu gelar aksi demo (Antara Foto)
Jakarta - Beberapa titik di daerah Senayan dan Palmerah, Jakarta beberapa hari ini menjadi pusat demonstran. Tidak jarang aksi anarkis meledak entah oleh oknum tertentu atau tidak di tengah-tengah gerakkan yang menyuarakan aspirasi rakyat tersebut.

Beberapa orang yang bermobilisasi dan tidak tahu menahu tentang titik keramaian bisa saja terjebak dalam aksi yang tak diduga-duga itu. Seperti halnya Senin (30/9/2019) di Palmerah, Jakarta Barat beberapa pengendara terjebak dan membelah lautan massa.



Jika anda berada dalam situasi ini sebaiknya tenangkan diri dan segera cari jalan keluar yang aman. Usahakan tundukkan kepala dan tetap waspada dengan kondisi sekitar.

"Perhatikan lingkungan apakah ada jalan keluar lain dari situasi huru-hara seperti jalan tikus, jalan kampung atau lahan parkir gedung yang aman. Jika terpaksa bergerak ke depan maka cari celah aman di tengah kerumunan dengan merunduk. Berhenti seperti poin di atas adalah keputusan terbaik," jelas Instruktur Rifat Drive Labs, Andry Berlianto saat dihubungi detikcom, Selasa (1/10/2019).



Ia menambahkan jika situasi pendemo dirasa mulai melakukan tindak perusakan ada baiknya keselamatan diri diutamakan dengan meninggalkan kendaraan.

"Jika kejadian cenderung anarkis dan merusak maka meninggalkan kendaraan di tengah kerumunan adalah hal terbaik untuk menghindari cedera atau luka," tutup Andry.

Tentunya selain tips di atas disarankan sebelum berkendara memantau informasi terbaru terkait lalu lintas yang akan dilewati. Dengan begitu resiko buruk yang dapat terjadi dapat dihindari.

Pengendara Lakukan Ini Jika Terjebak di Tengah Massa Demo


Simak Video "Mendikbud Sebut Ada 50 Penyusup Nyamar Jadi Pelajar Saat Demo"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com