Kamis, 19 Sep 2019 10:43 WIB

6 Langkah Merawat Aki Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Aki punya peran penting untuk menyuplai kebutuhan listrik pada mobil. Maka itu, kondisi aki harus selalu diperhatikan supaya tetap prima. Seperti dilansir dari laman Auto2000 setidaknya ada 6 langkah dalam merawat aki mobil. Apa saja?

Pertama, matikan komponen kelistrikan ketika mesin mati. Dengan melakukan ini, muatan listrik pada aki tidak akan berkurang dan ketika mesin dihidupkan kembali, beban aki bisa memenuhi kebutuhan sistem starter.



Kedua, rajin panaskan mesin kendaraan. Khususnya, untuk mobil yang jarang dipakai perlu memanaskan mesin sejenak sebelum mobil dikendarai.

Ketiga, periksa level air aki. Pastikan air aki ada di antara level atas dan bawah. Jika air aki sampai habis atau berada di bawah level, maka aki bisa rusak atau tekor.



Keempat, periksa terminal aki. Sebab, kondisi kendur dan karat pada terminal aki bisa mengakibatkan aliran listrik tidak sempurna. Fatalnya, bisa menyebabkan aki meledak.

Kelima, periksa pengikat aki. Pastikan aki diikat dengan kuat supaya posisinya tidak gampang geser.

Selanjutnya keenam, rajin-rajinlah memeriksa aki, supaya ketika terjadi kebocoran bisa terdeteksi. Jika ditemukan kebocoran, segera keringkan dan bersihkan area tersebut dan jika sudah parah, lebih baik ganti dengan aki baru.

Simak Video "All New Honda Jazz Melantai di Ajang Tokyo Motor Show 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com