Rabu, 18 Sep 2019 15:47 WIB

Bolehkah Memakai Ban Mobil yang Sudah Kedaluwarsa?

Luthfi Anshori - detikOto
Ban di pabrik Hankook Foto: Rachman Haryanto Ban di pabrik Hankook Foto: Rachman Haryanto
Bekasi - Seiring usia, ban mobil ternyata memiliki masa pakai. Jika sudah mencapai waktu tertentu, ban mobil akan memasuki kedaluwarsa. Dijelaskan Leader Quality Assurance Hankook Tire Indonesia, Robby Unggul, ban mobil punya usia antara 3 sampai 5 tahun.

"Jadi misal ban itu disimpan sekalipun, usianya akan terus jalan. Lama kelamaan bahan karetnya akan getas," kata Robby, di Cikarang baru-baru ini.

Pertanyaannya, bolehkah terus memakai ban mobil yang sudah memasuki masa kedaluwarsa?



Robby mengatakan, hal itu boleh saja dilakukan, tapi ia mewanti-wanti jika ban yang sudah kedaluwarsa akan menurun secara performa.

"Kalau ban sudah kedaluwarsa terus dipakai, dia akan pengaruh ke performa. Sebab ban kedaluwarsa biasanya tidak akan bisa berdiri tegak, karena bahan karetnya sudah getas dan retak, akibatnya saat dijalankan, ban tersebut berpotensi membuat mobil tidak stabil," kata Robby.

Dengan kondisi ban yang sudah mulai kehilangan daya elastisitasnya, juga akan membuat daya cengkeram atau traksi ban terhadap permukaan jalan akan berkurang atau bahkan minim. Akibatnya, ketika kendaraan direm, maka ban tak bisa mencengkeram permukaan lintasan dengan kuat.



Simak Video "Pecah Ban, Mobil Rombongan Petakziyah di Pasuruan Keluar Jalur"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com