Kamis, 06 Jun 2019 08:08 WIB

Sudah Selesai Mudik Lebaran? Cek Lagi Tekanan Angin Ban

Ruly Kurniawan - detikOto
Cek tekanan angin ban. Foto: Grandyos Zafna Cek tekanan angin ban. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Ban merupakan komponen pada kendaraan yang fungsinya tak kalah penting dalam menjamin keselamatan dan kenyamanan dalam berpergian. Komponen ini satu-satunya yang langsung bersentuhan dengan aspal.

Maka wajib hukumnya bagi pengendara untuk melakukan pengecekan kondisi ban khususnya saat ingin berpergian jauh seperti mudik. Sebagaimana dilansir laman resmi Hyundai Mobil Indonesia, tekanan yang pas di ban bisa menyebabkan berbagai manfaat.

Pertama, adalah meningkatnya kenyamanan dan keamanan berkendara. Sebab tekanan angin yang pas membuat mobil mudah dikendalikan (permukaan ban menyentuh jalanan dengan maksimal, traksi dan pengereman optimal). Lalu, konsumsi bahan bakar juga disebut akan lebih efisien.



Karena faktanya, tekanan ban yang lebih kecil 10 persen dari standar pabrikan akan mempercepat ban aus hingga sepuluh persen. Fakta lainnya, energi yang dikeluarkan mesin untuk memutarkan roda akan lebih besar, sehingga bahan bakar lebih boros.

Intinya, jika tekanan angin di ban berkurang, telapak ban yang menempel ke aspal akan lebih melebar. Artinya, laju kendaraan juga akan melambat, dan putaran mesin akan bertambah dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Dengan tekanan angin di ban yang pas juga pastinya akan membuat umur ban lebih panjang. Disebutkan, ban dengan tekanan angin yang rendah mengurangi usia tapak ban hingga 25 persen.



Manfaat terakhir yang bisa dipetik dari menjaga kondisi tekanan ban saat mudik adalah meminimalisir risiko pecah ban saat berkendara. Hal ini juga disetujui oleh Service Advisor Cahaya Motor, Ramadhi.

"Pentingnya menjaga tekanan ban sebelum berpergian jauh, dalam hal ini mudik, ialah memastikan perjalanan aman dan nyaman. Sebab kendaraan dapat terhindar dari risiko pecah ban atau sebagainya yang disebabkan karena jalanan tidak rata dan panas (berkendara cukup lama) dengan kondisi tekanan ban yang tidak ideal," katanya kepada detikcom lewat sambungan telepon, Jakarta, Minggu (2/5/2019).

Untuk itu, pemudik yang berangkat ke kampung halaman maupun yang sudah kembali ke kota asal disarankan sebaiknya mengecek lagi tekanan angin ban sebelum berangkat. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed