Rabu, 29 Mei 2019 04:25 WIB

Berapa Tekanan Ban Mobil Ideal saat Dipakai Mudik?

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi tekanan ban. Foto: Istimewa Ilustrasi tekanan ban. Foto: Istimewa
Jakarta - Ban menjadi salah satu komponen penting, yang membuat kendaraan seperti mobil bisa berjalan. Oleh sebab itu, kondisi ban mobil juga wajib diperhatikan. Khususnya jika mobil ingin dipakai perjalanan jauh di momen mudik lebaran nanti.

"Selain rem dan kelistrikan, tekanan ban itu sangat penting. Karena kita kan mudik, pasti bawa muatan banyak, entah orang maupun barang. Jadi ban wajib dicek tekanan bannya," terang Koordinator Service diler Mitsubishi Borobudur Oto Mobil, Eko Budianto, kepada detikcom, di Yogyakarta.


Tekanan ban ideal mobil saat membawa muatan banyak, direkomendasikan ada di tekanan sekitar 30-35 psi. Tekanan angin yang kurang, akan membuat ban jadi lekas rusak dan membuat tarikan mobil kurang enak. Sementara jika tekanan angin terlalu besar akan membuat ban aus secara tidak merata.

Selain kondisi tekanan ban, yang perlu dilakukan juga adalah mengisi ban dengan jenis angin nitrogen. Angin nitrogen bersifat mendinginkan dan lebih stabil, sehingga kualitas ban tetap terjaga.


Ditambahkan laman suzuki.co.id, jika diperlukan, rotasi ban boleh dilakukan. Cara ini dilakukan untuk membuat distribusi beban jadi lebih rata sehingga kinerja ban akan jadi lebih maksimal.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memakai semir ban. Sepintas perawatan ini hanya untuk estetika saja. Padahal, semir ban berfungsi untuk menjaga ban tetap lentur dan tidak kering, sehingga karet ban tidak cepat getas. (lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com