Senin, 27 Mei 2019 08:00 WIB

Jalur One Way di Tol, Mirip Nyetir Mobil Setir Kiri

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Pada arus mudik terlebih saat masa puncaknya kepolisian lalu lintas atau pihak berwenang lainnya akan melakukan rekayasa lalu lintas seperti one way atau satu arah di tol Trans Jawa. Buat detikers yang belum pernah melewati kondisi ini tidak perlu panik jika terjadi dalam perjalanan mudik anda.

Pada kondisi ini kemungkinan pengemudi akan mengalami disorientasi karena berada di jalur yang biasanya diisi arah berlawanan. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika melaju di jalur tambahan tersebut.



"Kelihatan simple cuma sama seperti kita disuguhi mobil setir kiri. Pasti ada kagok," ujar Director Training Safety Driving Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana saat ditemui dalam acara Daihatsu Sahabat Mudik 2019 di Vehicle Logistik Centre PT Astra Daihatsu Motor, Sunter, Jakarta Utara, Minggu (26/5/2019).

Sony menambahkan kondisi ini bisa membahayakan jika tidak dipahami oleh pengemudi. "One way ini juga bahaya nih ketika dia dimasukkan ke jalur sebelah kanan harus ada yang diwaspadai dimana ia harus keluar dimana ia harus balik ke kiri lagi dan sebagainya," imbuhnya.

Untuk menghadapinya, Sony mengimbau pengemudi untuk tidak langsung memacu kendaraan ketika memasuki jalur one way. Setidaknya perlu waktu 10 menit untuk membiasakan dengan keadaan itu. "Ketika dilempar ke jalur sebelah kanan kita kurangi dulu kecepatannya. Pastikan keluar di mana membiasakan diri sekitar 10 menit, setelah itu bisa, baru menambah kecepatan," papar Sony.

(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed