Minggu, 19 Mei 2019 18:50 WIB

Tips Supaya Mobil Anti-Mogok saat lagi Mudik

Ruly Kurniawan - detikOto
Ilustrasi mobil mogok. Foto: dok. Istimewa Ilustrasi mobil mogok. Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Mogok adalah hal yang paling dihindari saat mudik membawa mobil. Oleh sebab itu, para pengendara biasanya melakukan servis berkala komplit. Namun sejatinya, komponen apa ya yang harus diperhatikan supaya mudik anti mogok?

Melansir laman resmi Auto2000, komponen paling utama adalah mengganti oli. Seperti diketahui, tugas oli mesin ialah sebagai pelumas, pendingin, pencegah keausan komponen, serta membilas kotoran di ruang mesin.


Di lain pihak, senyawa kimia dalam oli mesin akan berubah karena telah bekerja keras dalam rentang waktu tersebut. Sehingga perlu dilakukan pergantian.

Namun walau seperti itu, mobil yang jarang dipakai bukan berarti tidak butuh penggantian oli. Karena adanya proses oksidasi dan pengendapan, senyawa kimia dalam oli akan berubah sehingga tidak layak untuk bekerja.


Selain itu, dibutuhkan juga dilakukan tune up dengan mengatur komputer mobil (ECU). Dari situlah bisa dilihat kondisi mesin dan upaya perbaikan supaya tetap prima.

Proses ini juga membuat mobil tetap efisien sehingga irit dalam mengolah bensin dan terjaga performanya sehingga perjalanan mudik nantinya dapat berjalan lancar. (ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com