Rabu, 08 Mei 2019 16:25 WIB

Tata Cara Mendorong Mobil Matik

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: detikOto Foto: detikOto
Jakarta - Kerusakan mobil tentu tidak diinginkan oleh semua penggunanya. Terlebih bila kendaraan roda empat tersebut sampai mogok. Tentunya hal ini akan merepotkan apalagi bila mobil yang digunakan bertransmisi matik.

Sebab mobil bertransmisi matik tidak boleh sembarangan untuk didorong karena ada perbedaan sistem pelumasan daripada mobil manual. Oleh karenanya, mendorong mobil matik ada tata caranya.



Disampaikan Chinto Adiputera selaku Supervisor Bussines Area Sales Department Retail Division PT Astra Otoparts, mendorong mobil matik sebenarnya tidak boleh. Namun dalam keadaan terdesak, mobil matik yang mogok hanya boleh didorong untuk dipindahkan ke bahu jalan.

"Kalau memang jarak dekat atau sekedar memindahkan mobil ke bahu jalan boleh saja menggunakan posisi transmisi N. Untuk kecepatan mobil sendiri (saat didorong maupun diderek), jangan melebihi 30 km/jam," kata dia.

Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi menambahkan, bila mobil matik diderek atau towing, posisinya harus benar-benar diperhatikan.

"Tata cara yang benar yaitu ban roda penggerak harus terangkat," ucap Anjar kepada detikcom di Jakarta.

"Karena pada sistem pelumasan transmisi matik ada pompa hidrolic yang berkerja saat mesin hidup. Jadi kalau diderek dan roda penggerak berputar, otomatis transmisinya juga akan muter. Dan, karena tak ada pelumasan transmisi tersebut bisa rusak," tambahnya.

Setelah sampai di bengkel resmi terdekat (tak lebih dari 15 kilometer), segera laporkan bahwa mobil tersebut sudah didorong maupun diderek. Sehingga petugas bisa langsung melakukan pengecekan dan pencegahan komponen yang berpotensi rusak. Seperti planetary gear dan converter torque.

Kedua komponen tersebut dapat aus dan rusak sebab ketika didorong/diderek saat posisi roda menyentuh tanah, roda akan terus berputar. Saat roda berputar, komponen transmisi yang berputar tidak mendapat pelumasan yang baik karena pompa hidrolik oli baru bekerja menyemburkan oli ke komponen transmisi ketika mesin mobil hidup. Logam yang saling beradu tanpa adanya oli akan aus, rusak, dan patah.

Chinto menyatakan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan ketika mobil matik mogok adalah mengecek kondisi aki. Jika aki kekurangan daya, maka bisa ditambah dengan menggunakan jumper.

Menghidupkan lagi aki yang soakMenghidupkan lagi aki yang soak Foto: Mindra Purnomo
(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com