Rabu, 08 Mei 2019 08:22 WIB

Lagi Berpuasa, Jangan Lupa Panaskan Mobil!

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Ruly Kurniawan Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Mengalihkan transportasi harian ke kendaraan umum atau ojek online mungkin pilihan tepat di hari Ramadan ini. Namun bukan berarti boleh mengabaikan kendaraan tercinta khususnya mobil. Sebab bila terlalu diabaikan, kendaraan bisa rusak seperti sering mogok.

Mengupayakan hal tersebut tak terjadi, memanaskan mobil merupakan salah satu alternatifnya. Lantas pertanyaannya, kapan dan seberapa lama mobil harus dipanaskan?


"Bila mobil jarang digunakan, sebaiknya tetap dipanaskan setiap hari. Paling tidak, kalau lebih dari seminggu tidak digunakan, dalam satu minggu tersebut dipanaskan kurang lebih 15 menit," tanggap Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi kepada detikcom lewat sambungan telepon di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Bila mobil dipanasi setiap pagi hari, lanjut Anjar, baiknya satu menit saja. Karena bila terlalu lama tidaklah efektif dan mengurangi bensin mobil tersebut.


Dikesempatan yang sama, Anjar juga mengimbau agar para pengguna dan pemilik mobil mengikuti tata cara yang benar saat memanaskan mobil agar akinya tidak cepat soak.

"Setelah mobil dipanaskan (dalam posisi mati), segera matikan semua fungsi pada mobil. Hindari mendengarkan atau menyalakan audio dan pastikan semua lampu-lampu dalam posisi off," kata dia.


Simak Juga Video Ototest Terbaru di 20detik:

[Gambas:Video 20detik]


Lagi Berpuasa, Jangan Lupa Panaskan Mobil!
(ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed