Selasa, 09 Apr 2019 16:10 WIB

Jangan Lupa Dirawat, Ban Serep Bukan Pajangan

Rizki Pratama - detikOto
Ban serep. Foto: detikOto Ban serep. Foto: detikOto
Jakarta - Sejumlah kendaraan penumpang memiliki tempat untuk ban serep yang bisa dibawa dan digunakan kapan pun. Bahkan dari beberapa mobil ada yang menempatkannya di bagian yang mudah terlihat untuk mendukung penampilan.

Namun perlu diingat bahwa fungsi utama ban serep adalah sebagai pengganti ban ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Terlebih lagi saat melakukan perjalanan dan jauh dari akses perbaikan ban, opsi ini adalah solusi yang terbaik. Untuk itu ban serep pun harus mendapatkan perawatan yang sama baiknya dengan ban yang sedang digunakan.



"Ban serep tentunya butuh perawatan juga. Setiap servis saat tes angin sebaiknya ban serep dicek juga. Kita tidak pernah tahu kapan ban kita pecah atau tertusuk paku," ujar Departmen Manager PT Bridgestone Tire Indonesia, Frankie Padulli saat jumpa media di Tanahabang, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2019).

Frankie juga mengingatkan untuk tidak melupakan tujuan utama dari ban serep sendiri. "Jika dibutuhkan ban serep akan sangat membantu. Ban serep kan tujuannya unyuk menghadapi situasi seperti itu untuk penggantinya," lanjutnya.



Untuk ban berisikan angin, Setidaknya perlu diperiksa kondisinya tiap 2-3 minggu. Sedangkan ban bertekanan hidrogen bisa dilakukan setiap satu bulan sekali.

"Ada gravitasi ke bawah walaupun tidak dipakai. Ada juga suhu panas yang akan menghilangkan angin," pungkas Frankie. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed